Buku

Pedagogi Kreatif : Menumbuhkan Kreativitas dalam Pembelajaran Sejarah dan IPS



Daftar Isi

Bagian SATU
ASPEK TEORETIS PEDAGOGI KREATIF
BAB 1 PEDAGOGI KREATIF DALAM IMPLEMENTASI MERDEKA BELAJAR
A. Belajar Menjadi Guru Kreatif dari Pengalaman Historis
B. Definisi Pedagogi Kreatif
C. Pembelajaran Kreatif melalui Guru Kreatif
D. Aspek Teoretis Munculnya Kreativitas
E. Merdeka Belajar melalui Pedagogi Kreatif

BAB 2 PARADIGMA BARU PEMBELAJARAN ABAD KE-21
A. Merespons Tantangan Pembelajaran Abad ke-21
B. Pedagogi Kreatif sebagai Pendidikan Karakter
C. Pedagogi Kreatif sebagai Agenda Pendidikan Abad ke-21
D. Pedagogi Kreatif sebagai Pendekatan Personal

BAB 3 PEDAGOGI KREATIF DI SEKOLAH
A. Ciri-ciri Guru Kreatif dalam Pedagogi Kreatif
B. Kekuatan Imajinasi dalam Pedagogi Kreatif
C. Unsur-unsur Pedagogi Kreatif
D. Pedagogi Kreatif dan Terbentuknya Peserta Didik Kreatif
E. Penilaian Kreativitas Peserta Didik di Sekolah

BAB 4 MENSTIMULASI POTENSI OTAK
MELALUI PEMBELAJARAN KREATIF IMAJINATIF
A. Mengolah Potensi Otak dengan Memotivasi
B. Belahan Otak dan Fungsi Kreatif
C. Menstimulasi Belahan Otak dalam Pembelajaran Kreatif- Imajinatif
D. Aktivitas Belajar Kreatif Imajinatif melalui Permainan

Bagian DUA
PEDAGOGI KREATIF DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH
BAB 5 MENGGALI POTENSI CREATIVEPRENEURSHIP ERA REVOLUSI INDISTRI 4.0 MELALUI PEMBELAJARAN SEJARAH KREATIF
A. Mendekonstruksi Kurikulum dengan Menambah Isu Creativepreneurship
B. Mewadahi Creativepreneurship Era IR 4.0 dalam Pembelajaran Sejarah
C. Mendekatkan Creativepreneurship dengan Sejarah Lokal Peserta Didik
D. Belajar Mengenai Potensi Creativepreneurship Peserta Didik

BAB 6 PENGEMBANGAN KREATIVITAS IMAJINATIF MELALUI PERTANYAAN OPEN-ENDED DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH
A. Masalah Pembelajaran Sejarah dan Pentingnya Kreatif Imajinatif
B. Berpikir Kreatif imajinatif dalam Pembelajaran Sejarah
C. Mendekonstruksi Pembelajaran Sejarah untuk Memberi Ruang Kreatif
D. Berpikir Kreatif-imajinatif Peserta Didik

BAB 7 MEMBANGUN KESADARAN SEJARAH DALAM MENGONSUMSI PANGAN LOKAL MELALUI PEMBELAJARAN KREATIF
PEMBELAJARAN KREATIF
A. Kesadaran Sejarah Masyarakat agraris
B. Pedagogi Kreatif Membangun Kesadaran Historis Masyarakat Agraris

BAB 8 PEMBELAJARAN SEJARAH KREATIF UNTUK MEMBANGUN HUBUNGAN HARMONIS ANTAR ETNIS
A. Mengapa Pembelajaran Sejarah Harus Kreatif dan Inovatif?
B. Bagaimana mengemas Pembelajaran Sejarah Kreatif dan Inovatif?

BAB 9 MENGELOLA TUBUH PEREMPUAN MELALUI KISAH EMANSIPATORIS
A. Pentingnya Kesadaran tentang Kesetaraan
B. Berimajinasi Kreatif tentang Kesetaraan Melalui Karya Sastra
C. Memfasilitasi Pertanyaan Emansipatoris Peserta Didik
D. Beremansipasi Cara Milenial

Bagian TIGA
PEDAGOGI KREATIF DALAM PEMBELAJARAN IPS
BAB 10 BERKREASI MENGEMBANGKAN KURIKULUM IPS
A. Berkreatif Mengembangkan Kurikulum IPS
B. Hasil Penelitian Mengenai Kreativitas Guru dan Peserta didik pada Pembelajaran IPS
C. Pedagogi Kreatif dalam IPS

BAB 11 MENGATASI PHUBBING PESERTA DIDIK MELALUI PEDAGOGI KREATIF
A. Phubbing dan dampak Negatifnya
B. Tujuan Pendidikan IPS untuk mengatasi Phubbing
C. Keterampilan dalam IPS Abad ke-21 untuk Mengatasi Phubbing
D. Pedagogi Kreatif Abad ke-21 untuk mengatasi Phubbing

BAB 12 MELAWAN IKLAN BARANG KONSUMEN DI ERA PASCAKEBENARAN
A. Perilaku Konsumtif Peserta Didik
B. Mengonsumsi Era Pascakebenaran
C. Kolaborasi Kreatif Melawan Budaya Konsumtif

BAB 13 KARYA WISATA KREATIF KE TOILET SEKOLAH
A. Toilet Sekolah sebagai Laboratorium Berkreasi
B. Merangsang Imajinasi tentang Hidup Bersih Melalui Film
C. Memecahkan Masalah Sambil Berkreasi di Toilet
D. Indikator Kebersihan Toilet sebagai Instrumen Penilaian

BAB 14 PRAKTIK MENGAJAR INOVATIF DALAM PEMBELAJARAN IPS
A. Pengembangan Kurikulum Tahun 2013 sebagai Pengalaman Belajar
B. Pendekatan Personal dalam Pembelajaran IPS
C. Belajar Aktif dan Kreatif Kehidupan Sosial di Luar Kelas
D. Pengembangan Pengalaman Belajar Melalui PAR

BAB 15 MERDEKA BELAJAR DI RUANG DIGITAL
A. Memaknai Kompetensi sebagai Tujuan dalam berliterasi
B. Literasi Digital dengan “My Inquiry Journal”

BAB 16 MEMBERDAYAKAN DINI UNTUK TIDAK MENIKAH DINI
A. Pedagogi Kreatif: Memotivasi Pemberdayaan Peserta Didik
B. Pembelajaran Kreatif: Menyuarakan Suara yang Bungkam
C. Pedagogi Kreatif: Memberdayakan anak perempuan berkata “tidak” terhadap pernikahan dini


Ketersediaan

25TD557464.1Perpustakaan PusatTersedia
25SR557464.2Perpustakaan PusatTersedia
25SR557464.3Perpustakaan PusatTersedia
25SR557464.4Perpustakaan PusatTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
370.1 SUP p
Penerbit PT Remaja Rosdakarya : Bandung.,
Deskripsi Fisik
xi, 339 hlm; 24 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
978-602-446-518-6
Klasifikasi
370.1
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Cet. 1
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this