Buku

Pola Pembelajaran 9 Pilar Karakter Pada Anak Usia Dini dan Dimensi-Dimensinya




Daftar Isi

KATA PENGANTAR v
Daftar Isii x
DAFTAR GAMBAR & TABEL xiii

BAB I PENDAHULUAN 1
A. Usia Dini Sebagai The Golden Age dalam Pendidikan Karakter 11
B. Pendidikan Karakter pada Anak Usia Dini dalam Perspektif Islam 27
1. Mengumandangkan Adzan di Telinga Bayi 33
2. Memberi Anak dengan Nama yang Baik 34
3. Mengakikahi Anak 38
4. Memperkenalkan Keteladanan yang Baik 39
5. Memberikan Ciuman kepada Anak 40
6. Anak Dilatih Menepati Janji 41
7. Anak Dilatih Kerja Sama 44
8. Anak Dilatih Sifat Keberanian 47
C. Pendidikan Karakter dalam Kajian Terdahulu 48
D. Metodologi Kajian 51

BAB II 9 PILAR KARAKTER DAN POLA PEMBELAJARANNYA (MODEL RATNA MEGAWANGI) 55
A. Urgensi Penanaman Karakter dengan 9 Pilar 55
B. Internalisasi 9 Pilar Karakter 58
1. Pilar 1 Cinta Tuhan dan Segenap Ciptaan-Nya (Love God and All His Creation) 58
2. Pilar 2 Mandiri, Disiplin, dan Tanggung Jawab (Independent, Self Disciplined, and Responsible) 66
3. Pilar 3 Jujur, Amanah, dan Berkata Bijak 69
4. Pilar 4 Hormat, Santun, dan Pendengar yang Baik 73
5. Pilar 5 Dermawan, Suka Menolong, dan Kerja Sama 77
6. Pilar 6 Percaya Diri, Kreatif, dan Pantang Menyerah 80
7. Pilar 7 Pemimpin yang Baik dan Adil 94
8. Pilar 8 Baik dan Rendah Hati 96
9. Pilar 9 Toleran, Cinta Damai, dan Bersatu 101
C. Penanaman 9 Pilar Karakter dalam Keluarga 104

BAB III MODEL SINERGIS-KOLABORATIF PENANAMAN 9 PILAR KARAKTER 119
A. Penciptaan Budaya Sekolah Berkarakter 119
B. Tanggung Jawab Bersama Guru dan Orangtua 123

BAB IV PERANAN IBU DALAM MENDIDIk KARAKTER ANAK PADA MASA KINI 147
A. Pendahuluan 147
B. Peran Ibu dalam Pendidikan 148
C. Peran Kepengasuhan Ibu 154

BAB V PERAN DAN TUGAS GURU PAUD 169
A. Pendahuluan 169
B. Peran Pendidik PAUD 171
C. Keterampilan Khusus Guru PAUD 180

BAB VI STRATEGI DAN TRILOGI PERSIAPAN MENDIDIK ANAK USIA DINI 181
A. Pendahuluan 181
B. Pentingnya Strategi Mendidik Anak Usia Dini 184
1. Sebersih-bersih Tauhid 186
2. Setinggi-tinggi Ilmu Pengetahuan 190
3. Sepandai-pandainya Siyasah 194

BAB VII KEPEMIMPINAN KEPENDIDIKAN DALAM MENUNJANG KEBERHASILAN PEMBELAJARAN PADA PAUD 197
A. Pendahuluan 197
B. Lokus Makna kepemimpinan 198
C. Kepemimpinan Pendidikan pada PAUD 202
D. Jenis-jenis Peranan kepemimpinan Kependidikan dalam PAUD 206
1. Peranan Sebagai Direktur Eksekutif/Pemimpin Pelaksana (Executive Director) 206
2. Peranan Pemimpin Sebagai Pemimpin Program (Program Director) 207
3. Peranan Sebagai Koordinator Pendidikan 207
4. Peranan Sebagai Kepala Sekolah/Koordinator Guru (Head Teacher) 208
5. Peranan Sebagai Guru 208
6. Peranan Pemimpin Sebagai Penanggung Jawab Training dari Perguruan Tinggi (College Supervisor) 208
7. Peranan Pemimpin Sebagai Penasihat Perkumpulan/ Asosiasi Perkembangan Anak (Child Development Assosiate (CDA) Advisor) 209
8. Sebagai Konsultan (Consultant) 209

BAB VIII TEKNIK-TEKNIK PENGEMBANGAN BAHASA BAGI ANAK 213
A. Pendahuluan 213
B. Aspek-aspek Perkembangan Bahasa Anak 214
C. Teknik-teknik Penanganan Gangguan Berbahasa pada Anak 218
D. Langkah-langkah Pengembangan Kompetensi Bahasa 227

BAB IX DIMENSI KEBERAGAMAN PERKEMBANGAN PRIBADI DAN SOSIAL PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI 235
A. Pendahuluan 235
B. Makna Keragaman Pribadi 237
C. Pengaruh Perbedaan Budaya dan Etnis Terhadap Keragaman Perkembangan Pribadi dan Sosial 238
D. Pengaruh Perbedaan Jender terhadap Keberagaman Perkembangan Pribadi dan Sosial 242
E. Pengaruh Perbedaan Sosio Ekonomi Terhadap Keragaman
Perkembangan Pribadi dan Sosial 243
DAFTAR PUSTAKA 247
PARA PENULIS 248


Ketersediaan

24TD556281.1Perpustakaan PusatTersedia
24SR556281.2Perpustakaan PusatTersedia
24SR556281.3Perpustakaan PusatTersedia
24SR556281.4Perpustakaan PusatTersedia
24SR556281.5Perpustakaan PusatTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
370.114 KAR p
Penerbit Kencana : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
xiv, 256 hlm; 22 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
978-623-218-371-1
Klasifikasi
370.114
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Ed. 1, Cet. 2
Subyek
PENDIDIKAN KARAKTER
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this