Detail Cantuman
Buku
Filsafat Pendidikan
DAFTAR ISI
BAB 1 PENGERTIAN FILSAFAT 1
Definisi Filsafat. ………………………………………………………………….2
Subjek dan Objek Filsafat. …………………………………………………8
Pentingnya Filsafat bagi Manusia. ………………………………….10
BAB 2 HUBUNGAN FILSAFAT DENGAN FILSAFAT PENDIDIKAN, AGAMA, DAN KEBUDAYAAN 15
Hubungan Filsafat dengan Filsafat Pendidikan. ……………16
Hubungan Filsafat dengan Agama. ………………………………..20
Hubungan Filsafat dengan Kebudayaan. ……………………….23
BAB 3 RUANG LINGKUP, METODE, DAN PEMBAGIAN FILSAFAT 29
Ruang Lingkup Filsafat. ……………………………………………………30
Metode Filsafat. ………………………………………………………………….31
Pembagian Filsafat. …………………………………………………………..33
Beda Filsafat dengan Ilmu dan Agama. ………………………….36
BAB 4 HAKIKAT DAN TEORI-TEORI KEBENARAN 41
Pengertian Kebenaran. ……………………………………………………..42
Teori tentang Kebenaran. …………………………………………………45
BAB 5 WAWASAN TENTANG FILSAFAT PENDIDIKAN 53
Filsafat Pendidikan. …………………………………………………………..55
Subjek dan Objek Filsafat Pendidikan. ………………………….56
Ruang Lingkup Filsafat Pendidikan. ………………………………58
Pentingnya Filsafat Pendidikan bagi Pendidik. …………….60
Dasar dan Tujuan Filsafat Pendidikan. ………………………….62
Peranan dan Fungsi Filsafat Pendidikan. ………………………63
BAB 6 KAJIAN TENTANG HAKIKAT MANUSIA 67
Pandangan Ilmu Pengetahuan tentang Manusia. ………..68
Beberapa Pandangan tentang Manusia. ………………………..69
Masalah Jasmani dan Rohani. …………………………………………72
Pandangan Antropologi Metafisik. …………………………………73
BAB 7 MANUSIA SEBAGAI MAKHLUK PENDIDIKAN 79
Manusia sebagai Makhluk yang Perlu Bantuan……………81
Dunia Manusia sebagai Dunia Terbuka. ………………………..83
Manusia sebagai Makhluk yang Dapat dan Perlu Didik…86
Batas-batas Pendidikan……………………………………………………89
BAB 8 TUJUAN HIDUP DAN TUJUAN PENDIDIKAN 93
Tujuan Hidup. ……………………………………………………………………94
Tujuan Pendidikan. …………………………………………………………..97
Sifat-sifat Asasi Manusia. ………………………………………………..101
Prinsip-prinsip Dasar tentang Tujuan Kehidupan. ……..101
Tujuan Pendidikan dan Implikasinya terhadap Kehidupan. …102
BAB 9 KOMPONEN-KOMPONEN DARI KEHIDUPAN YANG BAIK 105
Prinsip Kehidupan yang Baik. ……………………………………….106
Prinsip Hidup yang Benar. ……………………………………………..107
Pentingnya Kehidupan yang Benar bagi Kehidupan Manusia dan Pendidikan…..110
BAB 10 RUANG LINGKUP FILSAFAT PENDIDIKAN DAN TUJUAN PENDIDIKAN 115
Ontologi Filsafat Pendidikan. …………………………………………116
Epistemologi Filsafat Pendidikan………………………………….117
Aksiologi Filsafat Pendidikan. ………………………………………..118
Tujuan Pendidikan. …………………………………………………………120
BAB 11 ALIRAN FILSAFAT DAN FILSAFAT PENDIDIKAN 123
→ Aliran-aliran dalam Filsafat Pendidikan 123
Aliran Esensialisme. ………………………………………………………..123
Aliran Progresivisme. ………………………………………………………135
Perenialisme. …………………………………………………………………….139
BAB 12 DASAR FILSAFAT PENDIDIKAN PANCASILA 147
Dasar Pikiran dan Rasional…………………………………………..148
Hubungan Filsafat Pendidikan Pancasila dengan Pendidikan dan Masyarakat..149
Urgensi Filsafat Pendidikan Pancasila dalam Sistem Pendidikan Nasional…….150
BAB 13 SISTEMATIKA FILSAFAT PENDIDIKAN PANCASILA 153
Sistematika Filsafat Pancasila. ……………………………………….154
Pancasila sebagai Sumber dan Dasar Moral. ……………….158
Tujuan Pendidikan Pancasila. ………………………………………..159
Sistem Pendidikan Nasional Pancasila. ……………………….160
BAB 14 PENDIDIKAN ISLAM 163
Pengertian Filsafat Pendidikan Islam. …………………………..165
Peranan Filsafat Pendidikan Islam . ……………………………..166
BAB 15 MORAL, ETIKA, DAN ETIKA PROFESIONAL 173
Moral dan Etika. ………………………………………………………………174
Sifat Dasar Moral. ……………………………………………………………174
Prinsip dasar dari Tingkah laku Moral. ………………………..175
Tanggung Jawab dan Integritas Moral. ………………………..177
Perbandingan Etika dan Moral. …………………………………….179
Etika dan Etika Profesional. …………………………………………..182
Implikasi Etika Profesional. ……………………………………………185
PARA PENULIS 187
Ketersediaan
24TD556278.1 | Perpustakaan Pusat | Tersedia | |
24SR556278.2 | Perpustakaan Pusat | Tersedia | |
24SR556278.3 | Perpustakaan Pusat | Tersedia | |
24SR556278.4 | Perpustakaan Pusat | Tersedia | |
24SR556278.5 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
370.1 ZEN f
|
Penerbit | Kencana : Jakarta., 2022 |
Deskripsi Fisik |
xii, 188 hlm; 21 cm
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
978-623-384-277-8
|
Klasifikasi |
370.1
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
Ed. 1, Cet. 2
|
Subyek |
PENDIDIKAN - FILSAFAT
|
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
Zelhendri Zen, Zuwirna
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain