Buku

Filsafat Pendidikan




DAFTAR ISI
BAB 1 PENGERTIAN FILSAFAT 1

Definisi Filsafat. ………………………………………………………………….2
Subjek dan Objek Filsafat. …………………………………………………8
Pentingnya Filsafat bagi Manusia. ………………………………….10

BAB 2 HUBUNGAN FILSAFAT DENGAN FILSAFAT PENDIDIKAN, AGAMA, DAN KEBUDAYAAN 15

Hubungan Filsafat dengan Filsafat Pendidikan. ……………16
Hubungan Filsafat dengan Agama. ………………………………..20
Hubungan Filsafat dengan Kebudayaan. ……………………….23

BAB 3 RUANG LINGKUP, METODE, DAN PEMBAGIAN FILSAFAT 29

Ruang Lingkup Filsafat. ……………………………………………………30
Metode Filsafat. ………………………………………………………………….31
Pembagian Filsafat. …………………………………………………………..33
Beda Filsafat dengan Ilmu dan Agama. ………………………….36

BAB 4 HAKIKAT DAN TEORI-TEORI KEBENARAN 41

Pengertian Kebenaran. ……………………………………………………..42
Teori tentang Kebenaran. …………………………………………………45

BAB 5 WAWASAN TENTANG FILSAFAT PENDIDIKAN 53

Filsafat Pendidikan. …………………………………………………………..55
Subjek dan Objek Filsafat Pendidikan. ………………………….56
Ruang Lingkup Filsafat Pendidikan. ………………………………58
Pentingnya Filsafat Pendidikan bagi Pendidik. …………….60
Dasar dan Tujuan Filsafat Pendidikan. ………………………….62
Peranan dan Fungsi Filsafat Pendidikan. ………………………63

BAB 6 KAJIAN TENTANG HAKIKAT MANUSIA 67

Pandangan Ilmu Pengetahuan tentang Manusia. ………..68
Beberapa Pandangan tentang Manusia. ………………………..69
Masalah Jasmani dan Rohani. …………………………………………72
Pandangan Antropologi Metafisik. …………………………………73

BAB 7 MANUSIA SEBAGAI MAKHLUK PENDIDIKAN 79

Manusia sebagai Makhluk yang Perlu Bantuan……………81
Dunia Manusia sebagai Dunia Terbuka. ………………………..83
Manusia sebagai Makhluk yang Dapat dan Perlu Didik…86
Batas-batas Pendidikan……………………………………………………89

BAB 8 TUJUAN HIDUP DAN TUJUAN PENDIDIKAN 93

Tujuan Hidup. ……………………………………………………………………94
Tujuan Pendidikan. …………………………………………………………..97
Sifat-sifat Asasi Manusia. ………………………………………………..101
Prinsip-prinsip Dasar tentang Tujuan Kehidupan. ……..101
Tujuan Pendidikan dan Implikasinya terhadap Kehidupan. …102

BAB 9 KOMPONEN-KOMPONEN DARI KEHIDUPAN YANG BAIK 105

Prinsip Kehidupan yang Baik. ……………………………………….106
Prinsip Hidup yang Benar. ……………………………………………..107
Pentingnya Kehidupan yang Benar bagi Kehidupan Manusia dan Pendidikan…..110

BAB 10 RUANG LINGKUP FILSAFAT PENDIDIKAN DAN TUJUAN PENDIDIKAN 115

Ontologi Filsafat Pendidikan. …………………………………………116
Epistemologi Filsafat Pendidikan………………………………….117
Aksiologi Filsafat Pendidikan. ………………………………………..118
Tujuan Pendidikan. …………………………………………………………120

BAB 11 ALIRAN FILSAFAT DAN FILSAFAT PENDIDIKAN 123
→ Aliran-aliran dalam Filsafat Pendidikan 123

Aliran Esensialisme. ………………………………………………………..123
Aliran Progresivisme. ………………………………………………………135
Perenialisme. …………………………………………………………………….139

BAB 12 DASAR FILSAFAT PENDIDIKAN PANCASILA 147

Dasar Pikiran dan Rasional…………………………………………..148
Hubungan Filsafat Pendidikan Pancasila dengan Pendidikan dan Masyarakat..149
Urgensi Filsafat Pendidikan Pancasila dalam Sistem Pendidikan Nasional…….150

BAB 13 SISTEMATIKA FILSAFAT PENDIDIKAN PANCASILA 153

Sistematika Filsafat Pancasila. ……………………………………….154
Pancasila sebagai Sumber dan Dasar Moral. ……………….158
Tujuan Pendidikan Pancasila. ………………………………………..159
Sistem Pendidikan Nasional Pancasila. ……………………….160

BAB 14 PENDIDIKAN ISLAM 163

Pengertian Filsafat Pendidikan Islam. …………………………..165
Peranan Filsafat Pendidikan Islam . ……………………………..166

BAB 15 MORAL, ETIKA, DAN ETIKA PROFESIONAL 173

Moral dan Etika. ………………………………………………………………174
Sifat Dasar Moral. ……………………………………………………………174
Prinsip dasar dari Tingkah laku Moral. ………………………..175
Tanggung Jawab dan Integritas Moral. ………………………..177
Perbandingan Etika dan Moral. …………………………………….179
Etika dan Etika Profesional. …………………………………………..182
Implikasi Etika Profesional. ……………………………………………185

PARA PENULIS 187


Ketersediaan

24TD556278.1Perpustakaan PusatTersedia
24SR556278.2Perpustakaan PusatTersedia
24SR556278.3Perpustakaan PusatTersedia
24SR556278.4Perpustakaan PusatTersedia
24SR556278.5Perpustakaan PusatTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
370.1 ZEN f
Penerbit Kencana : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
xii, 188 hlm; 21 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
978-623-384-277-8
Klasifikasi
370.1
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Ed. 1, Cet. 2
Subyek
PENDIDIKAN - FILSAFAT
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this