Detail Cantuman
Buku
Cerdas Istimewa di Kelas Inklusif : buku pegangan guru dan calon guru
Daftar Isi
DAFTAR ISI vii
BAB 1 PENDAHULUAN 1
A Masalah dan Pendidikan Cerdas Istimewa 1
B. Kita Perlu Mengubah Pandangan 8
C. Tujuan Penulisan Buku 10
D. Cara Menggunakan Buku Ini 11
Daftar Bacaan 12
BAB 2 PENDIDIKAN INKLUSIF 15
Prof. Dr. Munawir Yusuf, M.Psi.
A. Perkembangan Pendidikan Inklusif di Indonesia 15
B. Pengertian Pendidikan Inklusif 17
D. Tujuan Pendidikan Inklusif 23
E. Sejarah Pendidikan Inklusif 26
F. Prinsip-prinsip dan Asumsi dalam Pendidikan Inklusif 32
G. Keuntungan Pendidikan Inklusif 37
H. Faktor yang Memengaruhi Pendidikan Inklusif 38
I. Hambatan Pelaksanaan Pendidikan Inklusif 42
J. Permasalahan dalam Implementasi Pendidikan Inklusif 44
Rangkuman 49
Daftar Bacaan 49
BAB 3 IMPLEMENTASI PENDIDIKAN INKLUSIF 51
Prof. Dr. Munawir Yusuf, M.Psi.
A. Kebijakan Pendidikan Inklusif 51
B. Landasan Pendidikan Inklusif 56
C. Implementasi Pendidikan Inklusif di Sekolah 60
D. Anak Berkebutuhan Khusus 66
E. Identifikasi Anak Berkebutuhan Khusus 80
F. Asesmen Anak Berkebutuhan Khusus 92
Rangkuman 114
Daftar Bacaan 116
BAB 4 CERDAS ISTIMEWA (GIFTED CHILDREN) 119
Dr. drg. Julia Maria van Tiel, M.S.
Dr. Endang Widyorini, Psikolog
A. Pemahaman Cerdas Istimewa 119
B. Pendeteksian Deteksi Saat Balita 124
C. Berbagai istilah 127
D. Cerdas Istimewa Adalah Potensi Bawaan 131
E. Perlu Dukungan 134
F. Model Pemahaman Cerdas Istimewa 137
G. Konsep Cerdas Istimewa dalam Pendidikan 141
Rangkuman 151
Daftar Bacaan 151
BAB 5 TUMBUH KEMBANG DAN KEPRIBADIAN CERDAS ISTIMEWA 155
Dr. drg. Julia Maria van Tiel, M.S.
Dr. Endang Widyorini, Psikolog
A. Apa yang Dimaksud dengan Tumbuh Kembang? 155
B. Perkembangan Visual Spatial pada Anak Cerdas Istimewa 168
C. Perkembangan yang Sangat Kompleks 171
D. Perkembangan Enam Tahun Pertama 174
E. Usia Sekolah Dasar (6 - 12 Tahun) 180
F. Usia sekolah Lanjutan (12 - 18 Tahun) 184
Rangkuman 187
Daftar Bacaan 187
BAB 6 PERFEKSIONISME DAN KREATIVITAS 189
Dr. drg. Julia Maria van Tiel, M.S.
A. Perfeksionisme Pada Siswa Cerdas Istimewa 189
B. Perfeksionisme dalam Perkembangan Anak 192
C. Perfeksionisme dan Gangguan Psikologis pada Siswa Cerdas Istimewa 199
D. Kreativitas pada Siswa Cerdas Istimewa 204
E. Kreativitas dan imajinasi 210
F. Mengembangkan Kreativitas Berpikir 211
G. Masalah yang Sering Muncul 214
DAFTAR ISI
Rangkuman 216
Daftar Bacaan 217
BAB 7 MOTIVASI SISWA CERDAS ISTIMEWA 221
Dr. drg. Julia Maria van Tiel, M.S.
A. Pengertian Motivasi 221
B. Motivasi Intrinsik dan Permasalahannya 233
C. Meningkatkan Motivasi 235
Rangkuman 239
Daftar Bacaan 239
BAB 8 PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL SISWA
CERDAS ISTIMEWA 243
DR. drg. Julia Maria van Tiel, M.S.
A. Pengertian Perkembangan Sosial Emosional 243
B. Pengaruh Faktor Bawaan dan Lingkungan 248
C. Bagaimana Sosial Emosional Berkembang 254
D. Aspek-aspek Perkembangan Sosial Emosional 258
E. Kematangan Sosial Emosional 262
F. Masalah Sosial Emosional pada Anak Cerdas Istimewa 266
G. Identifikasi Penyebab Masalah dan Intervensinya 272
Rangkuman 289
Daftar Bacaan 290
BAB 9 MENGENAL SISWA CERDAS ISTIMEWA DI KELAS INKLUSIF 293
Dr. Endang Widyorini, Psikolog.
Dr. drg. Julia Maria van Tiel, M.S.
A. Bagaimana Gaya Berpikir Siswa 294
B. Masalah-masalah yang Ada pada Siswa 309
C. Dukungan Apa Saja yang Dibutuhkan Siswa 315
Rangkuman 320
Daftar Bacaan 321
BAB 10 MENANGANI SISWA CERDAS ISTIMEWA DALAM KELAS INKLUSIF 323
Dr. Endang Widyorini, Psikolog
A. Guru Kelas yang Profesional 324
B. Manajemen Kelas Inklusif 325
C. Positive Behaviour Support 326
D. Strategi Pendidikan bagi Siswa Cerdas Istimewa 329
E. Pemilihan Materi 335
F. Penyusunan Program Pendidikan Individual (PPI) 338
Rangkuman 340
Daftar Bacaan 341
BAB 11 CERDAS ISTIMEWA DENGAN PRESTASI RENDAH 343
Dr. Endang Widyorini, Psikologi
A. Pengertian Prestasi Rendah 344
B. Sebab-sebab Prestasi Rendah 347
C. Proses Identifikasi Siswa Cerdas Istimewa Berprestasi Rendah 349
D. Dukungan untuk Siswa Cerdas Istimewa Berprestasi Rendah 357
Rangkuman 362
Daftar Bacaan 364
BAB 12 PENUTUP 367
Dr. drg. Julia Maria van Tiel, M.S.
PARA PENULIS 375
Ketersediaan
24TD556269.1 | Perpustakaan Pusat | Tersedia | |
24SR556269.2 | Perpustakaan Pusat | Tersedia | |
24SR556269.3 | Perpustakaan Pusat | Tersedia | |
24SR556269.4 | Perpustakaan Pusat | Tersedia | |
24SR556269.5 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
371.9 YUS c
|
Penerbit | Prenada : Jakarta., 2022 |
Deskripsi Fisik |
x, 380 hlm; 23 cm
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
978-602-383-061-9
|
Klasifikasi |
371.9
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
Ed. 1, Cet. 2
|
Subyek |
PENDIDIKAN INKLUSI
|
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
Munawir Yusuf, Endang Widyorini, Julia Maria Van Tiel
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain