Buku

Kepemimpinan Pendidikan : teori dan kebijakan



DAFTAR ISI
BAB 1 PENGERTIAN, FUNGSI, DAN PERAN PEMIMPIN 1

Pengertian 1
Fungsi dan Peran Pemimpin 3
Perbedaan Pemimpin dan Manajer 7
Daftar Pustaka 9

BAB 2 GAYA KEPEMIMPINAN 11

Kualitas atau Sifat 11
Fungsional atau Kelompok 12
Perilaku/Tipe Kepemimpinan 13
Gaya Kepemimpinan 14
Daftar Pustaka 20

BAB 3 MODEL-MODEL KONTINGENSI: MODEL SIFAT 23

Model Sifat 23
Daftar Pustaka 30

BAB 4 MODEL-MODEL KONTIGENSI: MODEL PERILAKU 31

Teori X dan Y McGregor 32
Teori Z William Ouchi 32
Model OHIO State University 33
Model Manajerial Grid 34
Model Perilaku Gary Yulk 35
Daftar Pustaka 36

BAB 5 MODEL KONTINGENSI 37

Favourability of Leadership Situation Fiedler 37
Quality and Acceptance of Leader’s Decicion Vroom, Yetton, and Jago 38
Path-Goal Theory House and Dessler 40
Maturity of Follower Hersey, Blanchard, and Nicholls 41
Daftar Pustaka 43

BAB 6 MODEL KEPEMIMPINAN 45

Kepemimpinan Karismatik 45
Transaksional 48
Transformasional 52
Visioner 53
Gaya Kepemimpinan Melayani 59
Daftar Pustaka 62

BAB 7 KEPEMIMPINAN PEREMPUAN 65

Faktor Perempuan Menjadi Pemimpin 66
Pandangan Islam 67
Kebijakan di Indonesia 69
Daftar Pustaka 73

BAB 8 ETIKA KEPEMIMPINAN 75

Nilai Kepemimpinan 76
Nilai Adalah Kunci Keberhasilan 79
Mengapa Orang Tidak Kompeten Menjadi Pemimpin 82
Mengapa Orang Baik Melakukan Hal Buruk? 83
Daftar Pustaka 84

BAB 9 MANAJEMEN KONFLIK 87

Pengertian Konflik 87
Jenis Konflik 88
Sebab dan Dampak Konflik 90
Strategi Mengatasi Konflik 93
Komunikasi 96
Daftar Pustaka 97

BAB 10 KOMPETENSI KEPALA SEKOLAH 99

Pengertian 99
Syarat 100
Kompetensi Manajerial 101
Kompetensi Kewirausahaan 103
Kompetensi Supervisi 105
Daftar Pustaka 107

BAB 11 KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH 109

Pendahuluan 109
Dorongan dan Umpan Balik 110
Kompetensi Manajerial 116
Pembahasan Kepemimpinan Efektif 117
Ciri-ciri Kepala Sekolah Efektif 119
Standar Kepemimpinan Efektif 120
Kerja Tim 123
Kesimpulan 125
Daftar Pustaka 126

BAB 12 KEPEMIMPINAN TRANSFORMATIF DAN MUTU LPTK 129

Pendahuluan 129
Pembahasan 131
Kepemimpinan Transformatif 132
Penutup 138
Daftar Pustaka 139

BAB 13 PEMBENTUKAN BUDAYA SEKOLAH 143

Pendahuluan 143
Pembahasan 144
Guru sebagai Teladan 145
Perkembangan Moral 149
Kompetensi Siswa 149
Budaya Sekolah 151
Manifestasi dan Karakteristik Budaya Organisasi 152
Unsur-unsur dalam Budaya Organisasi Sekolah 152
Fungsi Budaya Organisasi 153
Pembentukan dan Pengelolaan Budaya Organisasi 154
Kesimpulan 155
Daftar Pustaka 156

BAB 14 EVALUASI PROGRAM SCHOOL FOR PRINCIPAL (SPc) SEKOLAH GURU INDONESIA (SGI) 159

Pendahuluan 159
Metode Penelitian 163
Hasil dan Pembahasan 163
Kesimpulan 175
Saran 176
Daftar Pustaka 176

BAB 15 PEMILIHAN REKTOR UIN AR-RANIRY ACEH 2018-2022 181

Pendahuluan 181
Temuan dan Pembahasan 181
Kesimpulan 188
Rekomendasi 188
Daftar Pustaka 189

BAB 16 ISU-ISU KEPEMIMPINAN 191

Pemilihan Pemimpin Pendidikan 191
Kepala Sekolah Mundur Massal 194
Kepemimpinan Kepala Sekolah Era Pandemi 197
Kepala Sekolah dan Efektivitas PJJ 207
Rotasi Kepala Sekolah 210
Tiga Agenda Rektor Baru 214
Menyoroti Rektor Impor 218
Polemik Pemilihan Rektor 221

GLOSARIUM 225
LAMPIRAN 229
TENTANG PENULIS 255


Ketersediaan

24TD556266.1370.6 MUS kPerpustakaan PusatTersedia
24SR556266.2370.6 MUS kPerpustakaan PusatTersedia
24SR556266.3370.6 MUS kPerpustakaan PusatTersedia
24SR556266.4370.6 MUS kPerpustakaan PusatTersedia
24SR556266.5370.6 MUS kPerpustakaan PusatTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
370.6 MUS k
Penerbit Kencana : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
xvi, 256 hlm; 21 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
978-623-384-263-1
Klasifikasi
370.6
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Ed. 1, Cet. 1
Subyek
MANAJEMEN PENDIDIKAN
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this