Buku

Konsep Belajar dan Pembelajaran : suatu ulasan teoritis dan empiris




DAFTAR ISI

BAB 1 KONSEP DAN MAKNA PEMBELAJARAN 1

Pendahuluan.1
Belajar.6
Pembelajaran.29
Kesimpulan.32
Referensi.32

BAB 2 PEDAGOGI, ANDRAGOGI, DAN HEUTAGOGI 37

Pendahuluan..37
Pedagogi..38
Andragogi46
Heutagogi48
Heutagogi dan Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi.54
Kesimpulan.57
Referensi.59

BAB 3 PELUANG DAN TANTANGAN INTEGRASI TEKNOLOGI INFORMASI DALAM PEMBELAJARAN 65

Pendahuluan..65
Ulasan Singkat Perkembangan Teknologi dalamPembelajaran.67
Interaksi Investasi Teknologi dan Pendidikan..72
Resistensi Integrasi TI dalam Pembelajaran.76



Kapasitas Serap Organisasi..82
Peluang dan Tantangan Pengintegrasian TI dalam Pembelajaran.85
Kesimpulan.87
Referensi.89

BAB 4 LITERASI DALAM PEMBELAJARAN 95

Pendahuluan..95
Literasi 97
Literasi Baru .99
Literasi Digital101
Implikasi Literasi dalam Pembelajaran.109
Kesimpulan..116
Referensi..117

BAB 5 TRANSFORMASI PRAKTIK PEMBELAJARAN 123

Pendahuluan123
Pembelajaran Berpusat pada Siswa (Student-Centered Learning)125
Taksonomi Kognitif Bloom dan Revisinya..131
Higher Order Thinking Skills (HOTS).141
Ranah Afektif .144
Ranah Psikomotorik.147
4C-Skills150
TPACK..153
Kesimpulan..162
Referensi..163

BAB 6 PEMBELAJARAN KOLABORATIF DALAM MENGONSTRUKSI PENGETAHUAN 169

Pendahuluan169
Pembelajaran Kolaboratif..171
Pemanfaatan TI dalam Pembelajaran Kolaboratif173
Masalah dan Proyek dalam Membelajarkan..182
Dinamika Pembelajaran Berkelompok ..189
Free Rider dan Desain Evaluasinya.193
Kesimpulan..198
Referensi..199



BAB 7 PENGEMBANGAN DESAIN INSTRUKSIONAL 205

Pendahuluan205
Desain Instruksional206
Model Pengembangan Desain Instruksional .215
Model Desain Instruksional untuk Problem-BasedLearning.242
Penelitian Tindakan sebagai Perbaikan Berkelanjutan..249
Kesimpulan..256
Referensi..257

BAB 8 KOMUNITAS BELAJAR 261

Pendahuluan261
Komunitas Belajar 262
Proses Belajar dalam Entitas Bisnis Melalui Komunitas265
Lingkungan Belajar sebagai Aspek Penting bagiKomunitas Belajar.266
Orientasi Tugas (Task Orientation).271
Kesimpulan..272
Referensi..274

BAB 9 KEPEMIMPINAN PEMBELAJARAN 277

Pendahuluan277
Keunikan Kepemimpinan Instruksional di Sekolah.278
Perkembangan Kepemimpinan Instruksional282
Dimensi-dimensi Kepemimpinan Instruksional284
Alternatif Strategi Implementasi KepemimpinanInstruksional290
Pentingnya Kepercayaan dalam KepemimpinanInstruksional294
Kesimpulan..295
Referensi..296

TENTANG PENULIS 301


Ketersediaan

24TD556259.1Perpustakaan PusatTersedia
24SR556259.2Perpustakaan PusatTersedia
24SR556259.3Perpustakaan PusatTersedia
24SR556259.4Perpustakaan PusatTersedia
24SR556259.5Perpustakaan PusatTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
371.3 SAG k
Penerbit Kencana : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
xii, 302 hlm; 23 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
978-623-384-315-7
Klasifikasi
371.3
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Ed. 1, Cet. 1
Subyek
PEMBELAJARAN
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this