Buku

Analisis Kebijakan Pendidikan : pendidikan di era revolusi industri 4.0



DAFTAR ISI

BAGIAN SATU

GURU DAN DOSEN 1

Sertifikasi Guru………………………………………………………………………………………………………. 2
Permasalahan Guru di Indonesia………………………………………………………………………..6
Memerdekakan Guru…………………………………………………………………………………………….12
Kebijakan Rotasi Guru…………………………………………………………………………………………. 16
Guru Era Revolusi Industri 4.0…………………………………………………………………………… 19
Urgensi Impor Guru……………………………………………………………………………………………..23
Peran Guru Era Digital…………………………………………………………………………………………27
Darurat Guru Sarjana…………………………………………………………………………………………..32
Guru dan Tantangan Zaman………………………………………………………………………………35
Guru Berprestasi Belajar di Luar Negeri………………………………………………………….. 39
Mengatasi Kekurangan Guru……………………………………………………………………………… 41
Melahirkan Guru Ideal………………………………………………………………………………………… 46
Meningkatkan Kompetensi Guru………………………………………………………………………48
Menyoal Pendidikan Profesi Guru…………………………………………………………………….. 51
Dilema Guru Honorer………………………………………………………………………………………….54
Widyaiswara Inspiratif…………………………………………………………………………………………57
Profesor (Tidak) Wajib Publikasi Internasional………………………………………………. 59
Ihwal Homebase Dosen……………………………………………………………………………………. 63
Politik Kaum Cendekia……………………………………………………………………………………….. 66



BAGIAN DUA

KURIKULUM 71

Jokowi dalam Soal UN…………………………………………………………………………………………72
Agama (Bukan) Sumber Radikalisme………………………………………………………………..75
Kurikulum PAI……………………………………………………………………………………………………… 78
Buku Pelajaran…………………………………………………………………………………………………….. 82
Lazuardi dan Syiah……………………………………………………………………………………………… 85
Menimbang e-Sports………………………………………………………………………………………… 87
Menaikkan Kelas Buku………………………………………………………………………………………..90
Jilbab dan Toleransi Beragama…………………………………………………………………………. 94
Pesantren dan Radikalisme………………………………………………………………………………. 96

10 Buta Aksara Al-Qur’an………………………………………………………………………………………100

Strategi Smiling Islam……………………………………………………………………………………….103
Moderasi Beragama: Pendidikan dan Kepemimpinan………………………………..106
Pendidikan Tanggap Bencana………………………………………………………………………….110
Pendidikan Perempuan Indonesia……………………………………………………………………114
Membumikan Pancasila……………………………………………………………………………………. 118
Keluarga, Buku, dan Literasi………………………………………………………………………………122



BAGIAN TIGA

PESERTA DIDIK 125

Menolak Coret Baju……………………………………………………………………………………………126
Rahasia Bakat Anak…………………………………………………………………………………………….129
Siswa Tidak Naik Kelas……………………………………………………………………………………….133
Alternatif Larangan Bermotor………………………………………………………………………….136
Mewujudkan Profil Lulusan Prodi PAI yang Kompeten……………………………….139
Pendidikan Anak…………………………………………………………………………………………………146
Gizi Anak Indonesia………………………………………………………………………………………….. 148
Melampaui Sistem Zonasi………………………………………………………………………………….151
Orientasi yang Kreatif………………………………………………………………………………………..154
SDM Unggul………………………………………………………………………………………………………..157
Lulusan SMK Pengangguran…………………………………………………………………………….159
Melahirkan Ilmuwan Muslim……………………………………………………………………………160



BAGIAN EMPAT

MUTU PENDIDIKAN 163

UIN Jakarta Menuju WCU………………………………………………………………………………….164
Stop Ijazah Palsu………………………………………………………………………………………………. 168
Mendamba Sekolah Negeri Favorit…………………………………………………………………173
Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0…………………………………………………………. 177
Magister PAI di PTKI………………………………………………………………………………………….180
Merdeka Belajar………………………………………………………………………………………………… 184
Menanti Reformasi Pendidikan Nadiem Makarim………………………………………. 186
Tesis yang Berkualitas……………………………………………………………………………………….190
Magnet Sekolah Negeri……………………………………………………………………………………..194
Pesantren atau Sekolah Asrama?…………………………………………………………………… 198
Sekolah Digital…………………………………………………………………………………………………..201
Perguruan Tinggi Era Disrupsi…………………………………………………………………………203



BAGIAN LIMA

NILAI DAN BUDAYA 207

Menegakkan Disiplin di Sekolah…………………………………………………………………….208
Pendidikan Anti Kecurangan…………………………………………………………………………….213
Membaca Cadar…………………………………………………………………………………………………. 217
Busana, Kata, dan Kerja Nadiem……………………………………………………………………. 220
Ijazah Palsu Demi Kuasa………………………………………………………………………………….. 222
Aktualisasi Nilai Kepramukaan…………………………………………………………………………225
Selesai Kuliah Tepat Waktu……………………………………………………………………………..229
Sudah………………………………………………………………………………………………………………….232
Merunduk…………………………………………………………………………………………………………..234
Wajah Lingkungan Hidup Kita………………………………………………………………………… 237
Melawan Tradisi…………………………………………………………………………………………………240
Menyoal Seragam ASN…………………………………………………………………………………….242
Pendidikan Nirketeladanan……………………………………………………………………………..244
Mendidik dengan Hati dan Keteladanan………………………………………………………. 247
Waktu Luang……………………………………………………………………………………………………..250
Kolaborasi…………………………………………………………………………………………………………..252
Wisata Membawa Nestapa………………………………………………………………………………254



BAGIAN ENAM

BIAYA 257

Gerakan Anti Putus Sekolah…………………………………………………………………………….258
Sekolah Negeri: Untuk Apa dan Siapa?………………………………………………………….262
Komersialisasi Pendidikan………………………………………………………………………………..265
Uang Kuliah Tunggal (UKT)………………………………………………………………………………268
Pendidikan Gratis………………………………………………………………………………………………. 272



BAGIAN TUJUH

SOSOK TELADAN PENDIDIKAN 275

Spiritualisasi Guru Nur Kalim…………………………………………………………………………… 276
Jalan Terjal Ustaz Somad………………………………………………………………………………….279
Tradisi Zikir Arifin Ilham…………………………………………………………………………………….282
Yuslih Ihza Mahendra: Bupati Peduli Pendidikan…………………………………………285



BAGIAN DELAPAN

DESTINASI 289

Keramahan dan Kenyamanan Kampus Chulalongkorn University………….290
The Power of Dream…………………………………………………………………………………………293
Sejuk-Asri Danau Toba……………………………………………………………………………………..295
As-Sofa Malaysia……………………………………………………………………………………………….297



EPILOG 299

DAFTAR PUSTAKA 301

LAMPIRAN 305

Doa dalam Ujian Nasional………………………………………………………………………………306
Guru Merangkap TAS………………………………………………………………………………………. 307
Beasiswa untuk Guru………………………………………………………………………………………..308
Pendidikan Guru di Australia……………………………………………………………………………310
Cetak Biru Pengembangan SDM Indonesia dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0……………………313
Garis Besar Substansi Penggantian RUU Guru dan Dosen…………………………315
Evaluasi Pengelolaan Pascasarjana di PTKI Indonesia…………………………………318
Review Buku Pengayaan PAI untuk Guru PAI tingkat SMA/K…………………..323
Membincang Honorer; Sebuah Pokok-pokok Pikiran………………………………… 327
Focus Group Discussion (FGD) Cerdev UIN Syarif Hidayatullah Jakarta….329
Seminar Nasional Pendidikan Agama dan Tantangan Radikalisme…………333

TENTANG PENULIS 337


Ketersediaan

24TD556258.1Perpustakaan PusatTersedia
24SR556258.2Perpustakaan PusatTersedia
24SR556258.3Perpustakaan PusatTersedia
24SR556258.4Perpustakaan PusatTersedia
24SR556258.5Perpustakaan PusatTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
370 MUS a
Penerbit Kencana : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
x, 336 hlm; 23 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
978-623-218-881-5
Klasifikasi
370
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Ed. 1, Cet. 1
Subyek
PENDIDIKAN;KEBIJAKAN PENDIDIKAN
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this