Buku

Business Recovery Strategy : Strategi Komprehensif dalam Pemulihan Bisnis Pascakrisis




DAFTAR ISI

PROLOG: PERJALANAN TANPA ARAH

Krisis sebagai Kenormalan Baru Pemahaman Krisis……………… 3
Pandemi Covid-19 sebagai Game Changer Tatanan Keseharian Kehidupan………….. 4
Krisis Multidimensi sebagai Dampak Pandemi Covid-19………………… 5

Welcome to the New Normal

The New Disruption…………………………………………………………………….. 6
Enam Bidang Utama dalam Era the New Normal…………………………. 15

Bisnis yang Berkelanjutan: Keniscayaan atau Utopia

Bisnis Berkelanjutan…………….. 21
Tangguh dalam Menghadapi Kondisi VUCA yang Semakin Intens…. 22
Apa itu Utopia?………………………………………………………………………… 23
Mengapa Kita Harus Membayangkan Utopia?……………………………… 23
Apa Sajakah Gagasan Utopia Hari Ini?……………………………………….. 24
Apa Peran Bisnis dalam Utopia?………………………………………………… 24
Bagaimana Para Pemimpin Bisnis Membayangkan Utopia?…………. 25



BAB 1 EKSEKUSI STRATEGI PEMULIHAN

Perlunya Strategi Pemulihan Selama dan Pascakrisis

Strategi Pemulihan Dunia Selama atau Pascakrisis……………………… 29
Arahan Kepala Negara Republik Indonesia…………………………………. 30
Pemulihan Ekonomi Nasional…………………………………………………… 32
Strategi Pemulihan Perusahaan………………………………………………… 32

Membentuk New Agility Organization

Kemampuan Organisasi Bergerak Dinamis…………………………………. 34
Penentuan Pemilihan Proyek Secara Komprehensif……………………. 37
Pengembangan Kerangka Kerja untuk Memaksimalkan Kesempatan…………… 38
Penguatan Budaya Ambisi dalam Inisiatif Strategis yang Melibatkan Seluruh Jajaran 40

Formulasi Rencana Pelaksanaan dalam Bentuk Disaster Recovery Plan

Pemahaman Umum Disaster Recovery Plan………………………………… 41
Pertimbangan Disaster Recovery Plan………………………………………… 42
Jenis Disaster Recovery Plan……………………………………………………… 42
Cakupan dan Tujuan Disaster Recovery Plan……………………………….. 43
Bagaimana Mengembangkan Disaster Recovery Plan…………………… 44
Template Disaster Recovery Plan………………………………………………… 45

BAB 2 BERPIKIR STRATEGIS

Strategi

Pemahaman Strategi dan Strategi Efektif…………………………………… 49
Strategi Bisnis………………………………………………………………………….. 50
Kerangka Strategi Bisnis…………………………………………………………… 51
Apa Bedanya dengan Strategi Bisnis Umum untuk Memikirkan Masa Depan?……… 52

Manajemen Strategi

Pemahaman Manajemen Strategi……………………………………………… 53
Tahapan Proses Manajemen Strategi…………………………………………. 54

Menumbuhkan Kemauan dan Kemampuan Berpikir Strategis

Pengenalan Peluang untuk Memperbaiki Garis Atas dan Garis Bawah

Pengembangan Strategi Ambisius bagi Unit dan/atau Organisasi

Evaluasi Dampak Gaya Internal dan Eksternal Terhadap Langkah Strategis

Perangkat Analisis Strategis

Apa Itu Analisis Strategis…………………………………………………………… 60
Alat Analisis Strategis Terpilih…………………………………………………… 61

Rethinking Strategi Secara Cepat



71



BAB 3 MANAJEMEN LANJUTAN

Identifikasi Tantangan Ganda untuk Mencapai Keuntungan dalam Lintas Perubahan

Sistem Manajemen dan Balanced Scorecard

Perspektif Finansial………………………………………………………………….. 81
Perspektif Pelanggan……………………………………………………………….. 81
Perspektif Proses……………………………………………………………………… 82
Perspektif Pembelajaran dan Pertumbuhan……………………………….. 82
Menyatukan Semuanya: Tema Strategis…………………………………….. 83
Contoh Kasus………………………………………………………………………….. 86

ƒƒ Rancang Ulang Peta Jalan dan Rencana Aksi Organisasi untuk

Memperoleh Peluang Baru dalam Jangka Panjang dan Jangka Pendek (60 Hari)

Perencanaan Ketahanan…………………………………………………………… 93
Elemen Rencana Ketahanan……………………………………………………… 93
Mempersiapkan Perencanaan Ketahanan………………………………….. 94
Membuat Rencana Ketahanan………………………………………………….. 96

Bersiaplah untuk Perubahan

Peningkatan Keterampilan Kepemimpinan Memandu Transformasi Organisasi……… 101

Kepemimpinan Perubahan 3C…………………………………………………. 102

Memimpin Proses Perubahan………………………………………………….. 103

Memimpin Orang Melalui Perubahan……………………………………….. 104

Membentuk SDM yang Agile Menjadi Pembelajar Berkelanjutan, Berkompeten dan Berkarakter Unggul

Apa Itu Metodologi Agile dan Bagaimana HR Menjadi Agile………… 107
Munculnya Agile HR………………………………………………………………… 108

BAB 4 REINVENSI BISNIS UNTUK MENCAPAI TARAF BISNIS BERKELANJUTAN

Transformasi Pascakrisis

Memperlakukan Perubahan sebagai Diferensiator…………………….. 113
Manajemen Perubahan Tersistematisasi………………………………….. 114
Transformasi secara Cepat dan Terstruktur Mencapai Level Berkelanjutan…………. 115

Evaluasi Terintegratif atas Tingkat Keperparahan Bisnis Akibat Krisis 117

Memimpin dan Belajar di Luar Zona Nyaman……………………………. 118
Ketenangan yang Disengaja: Bagaimana Mengarahkan Diri ke dalam Badai………. 118
Optimisme yang Terikat: Bagaimana Memadukan Keyakinan dan Harapan dengan Realitas……… 120
Menerapkan Kesadaran Integratif ke dalam Praktik?…………………. 121
Langkah Pemimpin Mengembangkan Kesadaran Integratif………… 123

Pemahaman dan Pengukuran Kesesuaian Model Bisnis Terhadap Reinvensi Bisnis

Campuran Produk atau Layanan: Apa yang Harus Anda Tawarkan……. 127
Kapan Anda Harus Membuat Keputusan Penting?…………………….. 130
Siapa Pengambil Keputusan Terbaik………………………………………… 134
Mengapa Pembuat Keputusan Kunci Memilih Seperti yang Mereka Lakukan?………. 137
Pendekatan Pengukuran Keberhasilan Transformasi…………………. 140

Formulasi dan Komunikasi Keunggulan Kompetitif dan Komparatif

Perwujudan Business Acumen untuk Mendukung Eksistensi dan Keberlanjutan Bisnis

Bisnis sebagai Katalis Perubahan…………………………………………….. 146
Pemahaman Business Acumen………………………………………………… 146
Fokus Strategi yang Bergeser…………………………………………………… 148
Kecerdasan Bisnis………………………………………………………………….. 148
Tindakan Penyeimbang………………………………………………………….. 149
5C dalam Membangun Kinerja Bisnis yang Unggul…………………….. 150

BAB 5 MENDORONG INOVASI STRATEGIS

Mengapa Terjadi Kekeliruan Inisiatif Strategis

Inisiatif Strategis, Perubahan dan Manajemen Program…………….. 153
Hal-hal Utama Penyebab Kekeliruan……………………………………….. 153
Tahapan Perencanaan Dinamis untuk Mengelola Inisiatif Strategis bagi Perubahan.. 154
Langkah Pengembangan Perencanaan Strategis Melalui Perencanaan Dinamis…………….. 155
Integrasi Perencanaan Dinamis ke dalam Kerangka Inisiatif Strategis…………. 156
Nilai dan Fitur Perencanaan Dinamis……………………………………….. 157

Evaluasi Kemampuan Alternatif Inovasi Bisnis yang Mampu Mengakselerasi Perubahan

Pemahaman dan Mengapa Inovasi Bisnis Penting…………………….. 159
Aspek Inovasi Bisnis……………………………………………………………….. 159
Tiga Model Inovasi Binis………………………………………………………….. 160

Perwujudan Inovasi Bisnis

Tiga Industri yang Paling Memerlukan Inovasi Bisnis…………………. 162
Teknologi Pendorong Inovasi Bisnis…………………………………………. 164
Siapakah yang Bertanggung Jawab atas Inovasi Bisnis……………… 165
Saran Expert: Bagaimana Memulai Inovasi Bisnis………………………. 167
Peningkatan Profisensi Teknologi untuk Mendukung Revolusi Strategis dalam Eksekusi…. 168
Pengelolaan Proses Inovasi dan Navigasi Rantai Nilai Secara Terintegrasi…….. 168

Dukungan terhadap Ide Inovatif dan Prototyping dalam Strategi Inovasi Model Bisnis

Pemahaman Ide Kreatif dan Inovatif………………………………………… 169
Cara Mendorong Ide Kreatif dan Inovatif………………………………….. 172
Prototyping…………………………………………………………………………… 174

Perwujudan Budaya Organisasi yang Lebih Inovatif dan Keberadaan Pemimpin Inovasi yang Efektif

Budaya Organisasi yang Lebih Inovatif…………………………………….. 176
Keberadaan Pemimpin Inovatif……………………………………………….. 177

BAB 6 STRATEGI DIGITAL DAN ANALISIS DATA

Penguatan Pemahaman Terintegrasi Terhadap Strategi Digital dan Data Analitik

Memanfaatkan Teknologi Digital Efektif yang Sangat Diinginkan Orang………………. 183
Meningkatkan Keamanan Siber Sistem e-Commerce dan Teknologi Keuangan……….. 185
Pekerjaan Bakat Kompetitif yang Sesuai dengan Persyaratan Keterampilan Saat Ini….. 186
Mengembangkan Sistem Digital yang Ramah Pengguna……………. 187
Gunakan Analitik Data untuk Meningkatkan Sistem Digital Saat Ini yang Diterapkan oleh Bisnis…. 187
Bagaimana Digitalisasi Dapat Memengaruhi Bisnis Anda…………… 188
Buat Solusi Digital Integratif yang Dapat Dihubungkan dengan Sistem Digital Lainnya.. 188
Meningkatkan Kemampuan untuk Beradaptasi dengan Cepat Terhadap Teknologi Bisnis Digital Baru…….. 189
Bersikaplah Fleksibel sebagai Pemimpin untuk Mendapatkan Dukungan Karyawan dalam Era Teknologi.. 190
Jaga Jalur Komunikasi Tetap Terbuka di antara Teknologi Informasi dengan Departemen Lain……. 191
Mengakomodasi Kebutuhan Pelanggan dan Klien Saat Membuat Strategi Digital……. 192

Analisis Keunggulan Multiplatform Digital

Penguatan Pemahaman Ekosistem Digital untuk Memformulasikan Strategi Monetisasi

Bagaimana Perusahaan dapat Mendefinisikan Strategi Ekosistem
Agar Sesuai dengan Kebutuhan Mereka……………………………………. 196
Bagaimana Perusahaan dapat Menangkap Nilai dari Strategi Ekosistem…………… 197
Kapabilitas Inti Apa yang Dibutuhkan Perusahaan untuk Menciptakan Nilai Dasar Ekosistem..199
Analisis Tingkat Lanjut……………………………………………………………. 200
Pengembangan Operasi Tangkas…………………………………………….. 201
Tata Kelola yang Memungkinkan Portofolio Taruhan…………………. 201
Platform Menengah yang Kuat untuk Mengatur Kapabilitas Inti dan Maksimalisasi Strategi…. 201
Bakat Kewirausahaan…………………………………………………………….. 202
Kemitraan……………………………………………………………………………… 202



BAB 7 TRANSFORMASI BISNIS DIGITAL

Dampak dan Pengukuran Transformasi Digital pada Bisnis dan Dinamika Kompetitif Industri

Apa Itu Transformasi Digital…………………………………………………….. 207
Membuat Kebijakan Perusahaan yang Mendorong Transformasi Digital…….. 209
Membentuk Tim Riset dan Pengembangan Sistem Transformasi Digital……… 210
Mengembangkan Kemampuan untuk Mendiagnosis dan Membuat Konsep Strategi Transformasi Digital……. 210
Menjaga Dua Sistem Paralel Terpisah Saat Bereksperimen pada Transformasi Digital…… 211
Mengapa Digitalisasi Penting: Studi Kasus………………………………… 211
Yakinkan Anggota Organisasi Bisnis untuk Terbuka Terhadap Transformasi Digital………… 213
Meminta Saran dari Bisnis yang Telah Berhasil Menerapkan Transformasi Digital……… 213
Menjauh dari Teknologi Lama dan Merangkul Transformasi Digital………….. 214
Memilih Vendor Solusi Transformasi Digital dengan Bijak………….. 214
Melatih Karyawan dengan Benar tentang Cara Menggunakan Transformasi Digital…….. 215
Meningkatkan Anggaran untuk Penelitian dan Pengembangan Sistem Transformasi Digital…….. 215
Menghadiri Seminar dan Konferensi Terkait Transformasi Digital………….. 216

Evaluasi Dampak Strategi Digital Kompetitor terhadap Bisnis dan Pasar Eksisting

Analisis Lalu Lintas Situs Pesaing…………………………………………….. 218
Analisis Taktik SEO Pesaing…………………………………………………….. 219
Analisis Iklan Online Pesaing Anda…………………………………………… 220
Analisis Pemasaran Konten dan Upaya PR Pesaing Anda……………. 221
Analisis Kehadiran Media Sosial Pesaing Anda………………………….. 222
Menerapkan Pembelajaran ke dalam Tindakan………………………… 222

Dampak Transformasi Teknologi Digital dan Model Bisnis Secara Radikal terhadap Perubahan Dinamika Kompetitif Industri

Pembelajaran Mindset Unicorn sebagai Disruptor Digital

BAB 8 EKSEKUSI STRATEGI DIGITAL

Peningkatan Strategi Digital Secara Cepat

Langkah Strategis Peluncuran Platform Multisisi dan Ekosistem Digital

Langkah Utama dalam Strategi Digital…………………………………….. 230
Platform Multisisi…………………………………………………………………… 231
Ekosistem Digital sebagai Keniscayaan…………………………………….. 231

Pengembangan Strategi Internet of Things Terintegrasi dengan Multiplatform

Monetisasi Platform untuk Mengoptimalkan Big Data dan ArtificialIntelligence

Penguatan Strategi Digital melalui Antisipasi dan Reaksi Gerakan Strategis dari Kompetitor

Liberasi Data dan Akselerasi Bisnis yang Strategis…………………….. 236
Liberasi Data Merupakan Langkah Transformatif?…………………….. 237

Rencana Aksi Digitisasi Rantai Nilai untuk Meningkatkan Daya Saing Perusahaan

Tantangan Unik dalam Proses Transfer Informasi……………………… 239
Lima Aplikasi Digitisasi Utama?……………………………………………….. 240

BAB 9 STRATEGI PEMASARAN DIGITAL

Analisis Dampak Pemahaman Platform dan Saluran Digital

Pemasaran Konten…………………………………………………………………. 248
Pemasaran Email…………………………………………………………………… 249
Pemasaran Media Sosial (Organik)…………………………………………… 250
Media Sosial Berbayar…………………………………………………………….. 252
Pengoptimalan Mesin Telusur (SEO)………………………………………… 253
Periklanan Pay per Click (PPC)…………………………………………………. 254
Iklan Asli……………………………………………………………………………….. 256
Iklan Tampilan……………………………………………………………………….. 257
Pemasaran Influencer……………………………………………………………… 258
Blog Tamu di Situs Web Industri………………………………………………. 259

Sampaikan Pesan Anda di Depan Audiens yang Tepat

Analisis Minat dan Keterlibatan untuk Meningkatkan Customer Intimacy

Apa Itu Customer Intimacy………………………………………………………. 261
Jadi, Seperti Apa Customer Intimacy Tersebut?…………………………. 262
Apakah Customer Intimacy Tepat untuk Anda?………………………….. 263
Empat Langkah Menuju Customer Intimacy………………………………. 264
Apa Tantangan Customer Intimacy…………………………………………… 265
Poin Utama?………………………………………………………………………….. 266

Formulasi dan Implementasi Strategi Pemasaran secara Tepat Waktu dan Menjadi Panduan dalam Pendekatan Pengambilan Keputusan

Definisi dan Tujuan Pemasaran Strategis………………………………….. 268
Tiga Tahap Proses Pemasaran Strategis…………………………………… 268
Pedoman Proses Pemasaran yang Efektif…………………………………. 272
Prakiraan Masalah dalam Proses Pemasaran Strategis………………. 273
PEST: Tren yang Perlu Dipertimbangkan Ketika Melaksanakan Strategi Pemasaran……….. 273
Proses Pemasaran Strategis Sederhana……………………………………. 275
Mengapa Proses Pemasaran Strategis Apple adalah Genius……….. 275

Dampak Digitisasi dan Merek terhadap Pengambilan Keputusan Pelanggan

Mengenali Kebutuhan…………………………………………………………….. 278
Pengumpulan Informasi…………………………………………………………. 279
Evaluasi Opsi…………………………………………………………………………. 279
Menilai Bukti………………………………………………………………………….. 279
Membuat Keputusan………………………………………………………………. 280

Pengembangan Model Bisnis dan Pendekatan Baru dalam Pelaksanaan Strategi Penetrasi Pasar

Pendekatan Pengembangan Model Bisnis Berbasis Asumsi

Langkah #1: Masalah/Solusi-Cocok………………………………………….. 285

Langkah #2: Produk/Sesuai Pasar……………………………………………. 286

Langkah #3: Kesediaan untuk Membayar………………………………….. 286

Langkah #4: Fase Penyampaian Nilai……………………………………….. 286

Langkah #5: Penskalaan dan KPI……………………………………………… 287

Teknologi Validasi Model Bisnis Menggunakan Kerangka Digital

Peningkatan Tingkat Keterhubungan dengan Pelanggan Melalui Penguasaan Teknologi Baru

Menuju Model Operasi Generasi Berikutnya………… 291
Komponen Digital dalam Mengubah Pengalaman Pelanggan…….. 292
Desain Perjalanan Pelanggan yang Berpusat pada Pelanggan……. 293
Meningkatkan Kecepatan dan Ketangkasan dalam Menghasilkan Wawasan…….. 294
Mencapai Adopsi Pelanggan atas Perjalanan Pelanggan Digital….. 296
Mengembangkan Pengiriman Transformasi Perjalanan yangGesit………… 298

EPILOG: PERJALANAN BARU DIMULAI

Krisis sebagai Koreksi dan Katalis atas Transformasi Menyeluruh Atas Tata Laksana Organisasi Perusahaan

The Continuous Dynamic World: Siapkah Kita dengan Apa yang Akan Terjadi Selanjutnya?

REFERENSI

PROFIL PENULIS


Ketersediaan

24TD556238.1Perpustakaan PusatTersedia
24SR556238.2Perpustakaan PusatTersedia
24SR556238.3Perpustakaan PusatTersedia
24SR556238.4Perpustakaan PusatTersedia
24SR556238.5Perpustakaan PusatTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
650.1 SET b
Penerbit Prenada : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
xvi, 314 hlm; 21 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
978-602-383-079-4
Klasifikasi
650.1
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Ed. 1, Cet. 1
Subyek
STRATEGI BISNIS
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this