Detail Cantuman
Buku
Teori Belajar dan Pembelajaran : menciptakan pembelajaran yang kreatif dan efektif
DAFTAR ISI
BAB 1 KONSEP BELAJAR DAN PEMBELAJARAN 1
A. Konsep Belajar 1
B. Proses Pembelajaran 19
C. Faktor yang Memengaruhi Proses Pembelajaran dan Ciri-ciri Perubahan Perilaku Belajar 25
BAB 2 SOSOK GURU PROFESIONAL DALAM PEMBELAJARAN ABAD KE-21 33
A. Pendidikan Abad Ke-21 33
B. Kompetensi Abad Ke-21 40
C. Pembelajaran Abad Ke-21 45
D. Tantangan Guru Abad Ke-21 56
E. Profil Guru Abad Ke-21 60
F. Peran Guru dalam Pembelajaran Abad Ke-21 65
BAB 3 PRINSIP-PRINSIP BELAJAR DAN ASAS PEMBELAJARAN 75
A. Prinsip-prinsip Pembelajaran 75
B. Asas-asas Pembelajaran 82
C. Faktor-faktor yang Memengaruhi Belajar 83
BAB 4 TEORI BELAJAR BEHAVIORISME 89
A. Pengertian Teori Behavioristik 89
B. Penerapan Teori Behavioristik dalam Pembelajaran 102
C. Kelebihan dan Kekurangan Teori Behaviorisme 106
BAB 5 TEORI BELAJAR KOGNITIVISME DAN PENERAPAN DALAM PEMBELAJARAN 109
A. Teori Belajar Kognivitisme 109
B. Implementasi Teori Belajar Kognitivisme 123
C. Kekurangan dan Kelebihannya Kognitivisme dalam Pembelajaran 123
BAB 6 TEORI BELAJAR KONSTRUKTIVISME 127
A. Teori Belajar Konstruktivisme 127
B. Implementasi Teori Belajar Konstruktivisme dalam Pembelajaran 142
C. Kelebihan dan Kekurangan Teori Belajar Konstruktivisme 144
BAB 7 TEORI BELAJAR HUMANISME 147
A. Pengertian Teori Humanisme 147
B. Implementasi Teori Humanisme dalam Pembelajaran 159
C. Kelebihan dan Kekurangan Teori Belajar Humanistik 161
BAB 8 TEORI BELAJAR SIBERNETIKA 163
A. Pengertian Teori Belajar Sibernetika 163
B. Belajar Menurut Teori Sibernetika 164
C. Kelebihan dan Kekurangan Teori Sibernetika 167
D. Perbandingan Teori Belajar Sibernetika dan Teori Belajar
Kognitif, Behavioristik dan Humanistik 168
BAB 9 MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF (COOPERATIVE LEARNING) 171
A. Konsep Dasar Pembelajaran Cooperative Learning 171
B. Model Pembelajaran Cooperative Learning 179
C. Kelebihan dan Kelemahan Model Pembelajaran Kooperatif 186
BAB 10 PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL (CONTEXTUAL TEACHING & LEARNING) 189
A. Konsep Dasar Pembelajaran Kontekstual 189
B. Komponen Pembelajaran Kontekstual 194
C. Kelebihan dan Kekurangan Pembelajaran Kontekstual 199
BAB 11 MEMBANGUN MOTIVASI BELAJAR 203
A. Definisi Motivasi Belajar 203
B. Teori-teori Motivasi 207
C. Strategi Membangun Motivasi Belajar 215
D. Desain Pembelajaran Berbasis Motivasi Arcs (Attention,
Relevance, Confidence, Safisfaction) 220
BAB 12 KONSEP DASAR EVALUASI PEMBELAJARAN 227
A. Konsep Dasar Evaluasi, Penilaian, Pengukuran dalam Pembelajaran 227
B. Tujuan dan Fungsi Evaluasi Pembelajaran 233
C. Ruang Lingkup dan Prinsip-prinsip Evaluasi Pembelajaran 238
BAB 13 PERMASALAHAN BELAJAR DAN PEMBELAJARAN 245
A. Keberhasilan Pembelajaran 245
B. Masalah-masalah Internal Belajar 246
C. Faktor-faktor Eksternal Pembelajaran 248
REFERENSI 253
TENTANG PENULIS 257
Ketersediaan
24TD556207.1 | Perpustakaan Pusat | Tersedia | |
24SR556207.2 | Perpustakaan Pusat | Tersedia | |
24SR556207.3 | Perpustakaan Pusat | Tersedia | |
24SR556207.4 | Perpustakaan Pusat | Tersedia | |
24SR556207.5 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
371.3 HAP t
|
Penerbit | Kencana : Jakarta., 2021 |
Deskripsi Fisik |
x, 258 hlm; 21 cm
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
978-623-218-924-9
|
Klasifikasi |
371.3
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
Ed. 1, Cet. 1
|
Subyek |
METODE PEMBELAJARAN
|
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
Muhammad Soleh Hapudin
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain