Detail Cantuman
Buku
Pembaruan Pendidikan Islam di Indonesia
Daftar Isi
KATA PENGANTAR v
BAB 1 PENDAHULUAN 1
A. Latar Belakang............................................................................... 1
B. Tujuan.............................................................................................4
C. Ruang Lingkup...............................................................................5
D. Metodologi Penulisan....................................................................5
BAB 2 PENGERTIAN, TUJUAN, RUANG LINGKUP, DAN PENDEKATAN PEMBARUAN PENDIDIKAN ISLAM 7
A. Pengertian Pembaruan Pendidikan Islam.....................................7
B. Tujuan Pembaruan Pendidikan Islam......................................... 14
C. Ruang Lingkup Pembaruan Pendidikan Islam........................... 15
D. Pendekatan Pembaruan Pendidikan Islam................................. 17
BAB 3 FAKTOR-FAKTOR PENDUKUNG DAN PENGHAMBAT PEMBARUAN PENDIDIKAN ISLAM 19
A. Faktor Pendukung........................................................................ 19
B. Faktor Penghambat..................................................................... 38
C. Prospek Pembaruan Pendidikan Islam.......................................39
D. Penutup........................................................................................43
BAB 4 PEMBARUAN ASPEK EPISTEMOLOGI PENDIDIKAN ISLAM 45
A. Pengantar.....................................................................................45
B. Pembaruan Konsep Keagamaan..................................................46
C. Pembaruan Konsep Manusia.......................................................57
D. Pembaruan Konsep Masyarakat..................................................59
E. Pembaruan Konsep Alam............................................................ 60
F. Pembaruan Konsep Ilmu Pengetahuan.......................................64
G. Pembaruan Konsep Akhlak Mulia...............................................67
H. Penutup........................................................................................69
BAB 5 PROBLEMATIKA PENDIDIKAN ISLAM 71
A. Pendahuluan................................................................................ 71
B. Beberapa Permasalahan Pendidikan........................................... 71
C. Strategi Mengatasi Problema...................................................... 88
D. Penutup....................................................................................... 89
BAB 6 PEMBARUAN PERAN STRATEGIS FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM 93
A. Pengantar.....................................................................................93
B. Hakikat Filsafat Pendidikan Islam..............................................95
C. Problema Pendidikan Islam....................................................... 101
D. Peran Strategis Filsafat Pendidikan Islam................................108
E. Penutup...................................................................................... 112
BAB 7 PEMBARUAN PENDIDIKAN PESANTREN 117
A. Pengertian dan Tujuan Pesantren..............................................117
B. Elemen-elemen Pesantren......................................................... 119
C. Problema Dunia Pesantren........................................................123
D. Pembaruan Pesantren................................................................128
E. Penutup......................................................................................133
BAB 8 PEMBARUAN PENDIDIKAN MADRASAH 137
A. Pengertian.................................................................................. 137
B. Pembaruan Madrasah................................................................143
C. Pengaruh Pembaruan Madrasah................................................151
D. Penutup...................................................................................... 152
BAB 9 PEMBARUAN PERGURUAN TINGGI ISLAM 153
A. Pengantar................................................................................... 153
B. Latar Belakang Berdirinya Perguruan Tinggi Islam................. 154
C. Aspek-aspek Pendidikan yang Diperbarui................................ 159
D. Para Pelaku Pembaru Pendidikan Islam................................... 167
E. Dampak Pembaruan Perguruan Tinggi Islam...........................169
F. Penutup.......................................................................................171
BAB 10 DAMPAK GLOBALISASI TERHADAP PEMBARUAN PENDIDIKAN ISLAM 173
A. Pengertian dan Ruang Lingkup Globalisasi.............................. 173
B. Tahapan Globalisasi................................................................... 174
C. Tantangan dan Peluang Globalisasi...........................................180
D. Penutup...................................................................................... 181
BAB 11 PEMBARUAN SISTEM PENDIDIKAN ISLAM YANG MAJU DAN RAMAH LINGKUNGAN 183
A. Pengantar...................................................................................183
B. Sistem Pendidikan Islam...........................................................185
C. Pendidikan Islam yang Maju dan Ramah Lingkungan.............190
D. Tantangan dan Peluang.............................................................196
E. Strategi Mewujudkan Pendidikan Islam yang Maju dan Ramah Lingkungan............................................................ 205
F. Penutup...................................................................................... 211
BAB 12 PEMBARUAN PEMAHAMAN AGAMA DALAM MENGATASI KRISIS NILAI DI DUNIA MODERN 213
A. Pengantar...................................................................................213
B. Pengertian Dunia Modern......................................................... 215
C. Krisis Nilai dan Ciri-cirinya.......................................................218
D. Strategi Mengatasi Krisis Nilai..................................................225
E. Penutup......................................................................................233
BAB 13 PEMBARUAN STRATEGI PENDIDIKAN KARAKTER YANG EFEKTIF 235
A. Fenomena Baru Krisis Karakter................................................235
B. Straregi Efektif Penanggulangan Krisis Karakter.....................239
C. Penutup..................................................................................... 246
BAB 14 PEMBARUAN PENDIDIKAN MADRASAH DINIYAH 247
A. Pendahuluan..............................................................................247
B. Pengertian dan Jenis-jenis Pendidikan Diniyah...................... 248
C. Tujuan Pendidikan Diniyah.......................................................254
D. Tantangan dan Harapan Pendidikan Diniyah...........................256
E. Penutup......................................................................................259
BAB 15 PEMBARUAN ARAH DAN KEBIJAKAN UMUM PENYELENGGARAAN PERGURUAN TINGGI YANG SEHAT DAN AKUNTABEL 263
A. Pengertian..................................................................................263
B. Pendapat para Ahli tentang Perguruan Tinggi yang Sehat dan Akuntabel........................................................................... 264
C. Mengatasi Problema Pendidikan...............................................267
D. Penutup..................................................................................... 268
BAB 16 PEMBARUAN PERANAN LEMBAGA PENDIDIKAN NONFORMAL (MASJID) DALAM MENANGKAL ISU-ISU RADIKALISME DAN TERORISME 269
A. Pengantar.................................................................................. 269
B. Pandangan Islam tentang Masjid..............................................272
C. Menangkal Isu-isu Radikal dan Terorisme Melalui Masjid......276
D. Penutup..................................................................................... 283
BAB 17 PEMBARUAN ARAH PENDIDIKAN PROFESI GURU (PPG) PAI 285
A. Pengantar.................................................................................. 285
B. Analisis Program PPG............................................................... 286
C. Hal-hal yang Perlu Dipertimbangkan Program PPG................293
D. Format Pendidikan Profesi Guru...............................................295
E. Penutup..................................................................................... 302
BAB 18 DINAMIKA ILMU PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA 303
A. Pengantar.................................................................................. 303
B. Profil Ilmu Pendidikan Islam di Indonesia.............................. 306
C. Analisis dan Kesimpulan............................................................336
BAB 19 PENUTUP 341
DAFTAR PUSTAKA 343
TENTANG PENULIS 355
Ketersediaan
24TD556152.1 | Perpustakaan Pusat | Tersedia | |
24SR556152.2 | Perpustakaan Pusat | Tersedia | |
24SR556152.3 | Perpustakaan Pusat | Tersedia | |
24SR556152.4 | Perpustakaan Pusat | Tersedia | |
24SR556152.5 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
2X7.395 98 NAT p
|
Penerbit | Kencana : Jakarta., 2019 |
Deskripsi Fisik |
x, 358 hlm; 23 cm
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
978-602-422-825-5
|
Klasifikasi |
2X7.395 98
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
Ed. 1, Cet. 1
|
Subyek |
PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA
|
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
Abuddin Nata
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain