Buku

Psikologi Pendidikan : Penerapan prinsip-prinsip psikologi dalam pembelajaran




DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB 1 SEJARAH PSIKOLOGI PENDIDIKAN

Tokoh-tokoh Psikologi Pendidikan pada Masa Awal Perkembangannya
Plato dan Aristoteles
John Locke (1632-1704)
John Dewey (1859-1952)
Tokoh-tokoh Periode Sebelum 1890
Juan Luis Vives (1493-1540)
Johann Pestalozzi (1746-1827)
Johann Friedrich Herbart (1776-1841)
Periode 1890-1920
William James (1842-1910)
Edward Thorndike (1874-1949)
John Dewey (1859-1952)
Jean Piaget (1896-1980)
Jerome Bruner (1915-2016)
Benjamin Bloom (1913-1999)

BAB 2 PENERAPAN PRINSIP-PRINSIP PSIKOLOGI DALAM PEMBELAJARAN DAN PSIKOLOGI PENDIDIKAN

Prinsip-prinsip Psikologi dalam Pembelajaran
Pertumbuhan dan Perkembangan Anak/Peserta Didik
Kecerdasan (Inteligensi)
Memori
Motivasi
Psikologi Pendidikan
Pengertian Psikologi
Pendidikan
Psikologi Pendidikan
Ruang Lingkup Psikologi Pendidikan
Perlunya Pendidik Mempelajari Psikologi Pendidikan

BAB 3 TEORI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN INDIVIDU

Pertumbuhan dan Perkembangan Individu
Pengertian Pertumbuhan
Pengertian Perkembangan
Perbedaan antara Pertumbuhan dan Perkembangan Individu
Prinsip-prinsip dan Hukum-hukum Perkembangan
Beberapa faktor yang dapat Memengaruhi Pertumbuhan dan Perkembangan individu
Faktor Bawaan atau Genetik
Faktor Kebebasan Psikologis
Faktor Pembentukan
Faktor Gizi
Kesehatan
Tahap dan Tugas-Tugas Perkembangan
Tahapan dalam Rentang Kehidupan Manusia (Periodisasi Kehidupan Manusia)
Tugas-tugas Perkembangan
Faktor yang Memengaruhi Penguasaan Tugas Perkembangan

BAB 4 BEBERAPA FAKTOR YANG DAPAT MEMENGARUHI PROSES DAN HASIL BELAJAR

Kecerdasan
Kecerdasan Berpikir (Intelligence Quotient)
Kecerdasan Ganda (Multiple Intelligence) oleh William James Gardner
Kecerdasan Spiritual
Kecerdasan Emosi
Hubungan Kecerdasan dengan Hasil Belajar
Peranan Bakat dalam Proses Belajar
Pengertian Bakat
Bagaimana Cara Mengenali Bakat?
Jenis-jenis Bakat yang Dimiliki oleh Seseorang
Faktor-faktor yang dapat Memengaruhi Perkembangan Bakat
Peranan Kreativitas dalam Belajar
Pengertian Kreativitas
Tahap-tahap Berkembangnya Kreativitas Seseorang
Karakteristik Individu Kreatif
Faktor-faktor yang Memengaruhi Berkembangnya Kreativitas
Upaya Mengembangkan Kreativitas

BAB 5 PEMROSESAN INFORMASI (MEMORI)

Dari Stimulus ke Memori
Sensasi
Atensi
Persepsi
Memori
Faktor-faktor yang Terkait dengan Pemrosesan Informasi
Pemanfaatan Pemprosesan Informasi dalam Belajar
Encoding (Pengkodean)
Retrieval (Pemanggilan Kembali)
Lupa dalam Belajar
Faktor Penyebab Lupa

BAB 6 TEORI-TEORI DALAM PEMBELAJARAN

Teori Belajar Behavioristik
Edwar Lee Thorndike
Ivan Pavlov
Burhus Frederic Skinner
Thomas John Watson
Clark L. Hull
Edwin Guthrie
Prinsip-Prinsip Pembelajaran dalam Teori Behavioristik
Penerapan Teori Belajar Behavioristik dalam Pembelajaran
Hukuman

BAB 7 TEORI BELAJAR MENURUT PSIKOLOGI KOGNITIF

Makna Belajar Menurut Teori Belajar Kognitif
Teori Perkembangan Kognitif Menurut Piaget
Teori Belajar Menurut Jerome Seymor Bruner
Teori Belajar Bermakna David Ausubel
Prinsip belajar Menurut Teori Psikologi Kognitif

BAB 8 TEORI BELAJAR SOSIAL DAN TEORI BELAJAR HUMANISTIK

Teori Belajar Sosial (Social Learning Theory)
Konsep Dasar Pemodelan Menurut Teori Belajar Sosial
Proses Belajar menurut Teori Humanistik
Kolb
Ahli Pendidikan Honey dan Mumford
Jurgen Habermas
Benyamin Bloom dan Krathwol
Tokoh-tokoh Aliran Psikologi Humanistik Lainnya
Arthur W. Combs
Abraham Maslow
Carl Rogers
David Mils dan Stanley Scher
Aldous Huxley
Aplikasi Teori Humanistik Terhadap Pembelajaran Peserta Didik

BAB 9 BEBERAPA FAKTOR YANG MEMENGARUHI BELAJAR

Motivasi
Pengertian Motivasi
Fungsi Motivasi
Jenis-jenis Sumber Motivasi
Upaya Meningkatkan Motivasi dalam Belajar
Kejenuhan dalam Belajar
Pengertian Kejenuhan
Beberapa Faktor Penyebab dan Cara Mengatasi Terjadinya Kejenuhan dalam Belajar
Transfer dalam Belajar
Pengertian Transfer dalam Belajar
Ragam Transfer Belajar
Perbedaan Individu Dalam Belajar
Gaya Belajar
Kepribadian dan Temperamen
Pengaruh Sosio-Ekonomi dan Budaya
Dampak Budaya Terhadap Pembelajaran
Pengaruh Status Sosial Ekonomi Terhadap Pencapaian Hasil Belajar Peserta Didik
Pendekatan Pembelajaran Sesuai dengan Perbedaan Individu 160
Peserta didik Berisiko
Peserta Didik Berkebutuhan Khusus
Pendekatan Pembelajaran Sesuai dengan Keberagaman Peserta Didik

BAB 10 INSTRUMEN PENELITIAN PSIKOLOGI DAN RANGKUMAN KONSEP DASAR ALIRAN-ALIRAN PSIKOLOGI

Pendahuluan
Metode Eksperimental
Metode Observasi Ilmiah
Metode Biografi
Metode Wawancara
Aliran-Aliran Psikologi
Aliran Strukturalis Wilhelm Wundt
Aliran Fungsionalisme
Aliran Behaviorisme
Aliran Psikoanalisis
Aliran Psikologi Humanistis
Aliran Psikologi Gestalt (Awal dari Psikologi Kognitif)
Pendekatan Fenomenologis
Kajian Ilmu Psikologi
Psikologi Perkembangan
Psikologi Sosial
Psikologi Kepribadian
Psikologi Kognitif

REFERENSI
GLOSARIUM
TENTANG PENULIS


Ketersediaan

24TD556148.1Perpustakaan PusatTersedia
24SR556148.2Perpustakaan PusatTersedia
24SR556148.3Perpustakaan PusatTersedia
24SR556148.4Perpustakaan PusatTersedia
24SR556148.5Perpustakaan PusatTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
370.15 MUD p
Penerbit Kencana : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
xii, 198 hlm; 21 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
978-623-218-898-3
Klasifikasi
370.15
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Ed. 1, Cet. 1
Subyek
PSIKOLOGI PENDIDIKAN
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this