Buku

Sosiologi Pendidikan : memahami pendidikan dari aspek multikulturalisme




DAFTAR ISI

BAB I

PENGANTAR ILMU SOSIOLOGI 1

Latar Belakang Lahirnya Sosiologi 1
Sifat dan Hakikat Sosiologi 7
Perkembangan Ilmu Sosiologi di Indonesia 8
Sosiologi dalam Istana 9
Wajah Sosiologi Era Pergerakan 12
Sosiologi pada Perang Dunia II 13

BAB II

TOKOH-TOKOH SOSIOLOGI 17

Ibnu Khaldun (1332-1406) 17

Konsep Pembelajaran dalam Pendidikan Menurut Ibnu Khaldun 21

August Comte (1720-1903) 23
Sosiologi August Comte 26
Hukum Tiga Tahap August Comte 28
Tahap Teologi 28
Tahap Metafisika 29
Tahap Positifis 30
Agama Humanisme Ala Comte 32
Herbert Spencer (1820-1903) 36

Perkembangan Masyarakat Ala Spencer 41

Tipe Masyarakat Primitif 41
Tipe Masyarakat Militan 41
Tipe Masyarakat Industri 41
Karl Marx (1818-1883) 43
Karl Marx: Kapitalisme dan Materielisme Sejarah 45
Marx; Kapitalisme dan Alienasi Manusia 48
Kritik Terhadap Karl Marx 52
Membaca Karl Marx dengan Kaca Pembesar 53
Emile Durkheim (1858-1917) 55
Sosiologi Menurut Emile Durkheim 57
Fakta Sosial Materiel 58
Fakta Sosial Nonmateriel 58
Solidaritas Sosial Ala Durkheim 59
Solidaritas Mekanik 59
Solidaritas Organik 60
Bunuh Diri dalam Perspektif Durkheim 61
Peranan Agama dalam Masyarakat Menurut Emile Durkheim 64
Fungsi Pendidikan dalam perspektif Emile Durkheim 65
Max Weber (1864-1920) 68
Weber; Spirit Kapitalisme dan Etika Protestan 69
Kepemimpinan dalam Perspektif Max Weber 71
Weber dan Tindakan Sosial 75

BAB III

SEJARAH SOSIOLOGI PENDIDIKAN 79

Pengertian Pendidikan 79
Pengertian dan Ruang Lingkup Sosiologi Pendidikan 82
Tujuan Sosiologi Pendidikan 83

BAB IV

KONSEP PENDIDIKAN DALAM SOSIOLOGI 87

Pendidikan dalam Perspektif Teori Sosiologi 87
Pendidikan dalam Perspektif Fungsionalisme Struktural 89
Konsep Pembelajaran dalam Teori Fungsionalisme Struktural 96
Pendidikan dalam Perspektif Teori Konflik 97
Sekolah dalam Perspektif Konflik 99

BAB V

PENDIDIKAN DAN MASYARAKAT MULTIKULTURAL 103

Sejarah Multikulturalisme 103
Perbedaan Masyarakat Majemuk dan Masyarakat Multikulturalisme 106
Merajut Pendidikan Multikultural 109
Kearifan Lokal dan Pembentukkan Karakter Kebangsaan Peserta didik 115
Peranan Penanaman Nilai-nilai Karakter Berdasarkan Kearifan Lokal 129
Implikasi Kearifan Lokal Mbojo ke Dalam Nilai-nilai Karakter 132
Implementasi Nilai-nilai Karakter Berbasis Kearifan Lokal 134
Model Implementasi Program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) 136

BAB VI

KURIKULUM DALAM PENDIDIKAN MULTIKULTURAL 141

Pengertian Kurikulum 141
Peranan Kurikulum dalam Pendidikan Multikultural 143
Kurikulum; Antara Tirani dan Pembebasan 145
Kurikulum dan Kepentingan Kapitalisme 153
Kurikulum 2013 antara Harapan dan Fakta 157
Hidden Curriculum 159
Hidden Curriculum Berkah atau Bencana 161

BAB VII

PENDIDIKAN PERJUANGAN KELAS 163

Pendidikan dan Perjuangan Kelas 163
Telaah Masalah-Masalah Pendidikan 166
Menakar Ujian Nasional Indonesia 167
Refleksi Kritis Sistem Ranking 169
Kekerasan di Sekolah 171

BAB VIII

PENDIDIKAN DAN PERUBAHAN SOSIAL 175

Pengertian Perubahan Sosial 175
Peranan Pendidikan dalam Perubahan Sosial 179
Masyarakat Ekonomi ASEAN dan Kualitas Pendidikan Indonesia 185
Potensi Guru Perlu Dikembangkan Hadapi MEA 197
Mengembangkan Sistem Pola Belajar Menghadapi MEA Tahun 2015 200
Peran Tenaga Pendidik 200
Tantangan Dunia Pendidikan dalam Menyambut MEA 202

BAB IX

GURU DALAM ARUS GLOBALISASI 205

Pengertian Guru 205
Tantangan Guru dalam Arus Globalisasi 206
Guru dalam Perspektif Sosiologi 206
Sertifikasi dan Kualitas Guru Indonesia 208
Dana Bos untuk Bos 212
Landasan Hukum Dana Boss 213
Tujuan Dana Bos 214
Manfaat Dana Bos 215
Alokasi Dana Bos 215
Konsep Penggunaan Dana BOS 217
Masalah dalam Pengunaan Dana BOS 218
Peran Kepala Sekolah dan Kualitas Guru 223

DAFTAR PUSTAKA 227

TENTANG PENULIS 235


Ketersediaan

24TD556146.1Perpustakaan PusatTersedia
24SR556146.2Perpustakaan PusatTersedia
24SR556146.3Perpustakaan PusatTersedia
24SR556146.4Perpustakaan PusatTersedia
24SR556146.5Perpustakaan PusatTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
370.19 SYU s
Penerbit Kencana : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
xviii, 236 hlm; 21 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
978-623-218-378-0
Klasifikasi
370.19
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Ed. 1, Cet. 2
Subyek
SOSIOLOGI PENDIDIKAN
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this