Buku

Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Akreditasi Lembaga



Daftar Isi

KATA PENGANTAR v
DAFTAR ISI vii
BAB 1 HAKIKAT MANAJEMEN 1
A. Pengertian dan Fungsi Manajemen 1
B. Filsafat dan Asas-asas Manajemen 4
C. Perkembangan Teori Manajemen 6
D. Manajer dan Lingkungan Eksternal Organisasi 10
E. Organisasi dan Lingkungan 11
F. Perencanaan dan Manajemen Strategi 12
G. Tipe-tipe Perencanaan dan Rencana 12

BAB 2 PENETAPAN TUJUAN ORGANISASI DALAM PEMBUATAN KEPUTUSAN 15
A. Misi dan Tujuan Organisasi 15
B. Model Rasional dalam Perspektif 16
C. Pengorganisasian dan Struktur Organisasi 17
D. Wewenang, Tanggung Jawab, Delegasi Serta Sentralisasi dan Desentralisasi 21

BAB 3 KOORDINASI MANAJEMEN DAN KEPEMIMPINAN 25
A. Arti dan Pentingnya Koordinasi Manajemen 25
B. Mekanisme Pengoordinasian Dasar 25
C. Meningkatkan Koordinasi Potensial 26
D. Pengurangan Kebutuhan Akan Koordinasi 26
E. Personalia, Motivasi, dan Komunikasi 27
F. Kepemimpinan 28

BAB 4 MANAJEMEN PENDIDIKAN 33
A. Pendahuluan 33
B. Manajemen Pendidikan 34
C. Studi Kasus di Indonesia 36
D. Konsep Manajemen Pendidikan 38
E. Manajemen Pendidikan dan Kreativitas Anak 42

BAB 5 MANAJEMEN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI 47
A. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini 47
B. Jenis Layanan Program Satuan PAUD 51
C. Hakikat Manajemen PAUD 52
D. Komponen Sumber Daya pada Manajemen PAUD 52

BAB 6 MANAJEMEN KURIKULUM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI 57
A. Hakikat Kurikulum PAUD 57
B. Komponen Kurikulum PAUD 60
C. Materi Pembelajaran Anak Usia Dini 60
D. Penilaian/Assessment 62
E. Prinsip Pengembangan Kurikulum Anak Usia Dini 66
F. Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) 68

BAB 7 MANAJEMEN PENGASUHAN DAN PENDIDIKAN ANAK 71
A. Pengertian Mengasuh dan Mendidik 71
B. Tujuan Mendidik 72
C. Prinsip Mendidik 75
D. Pola Asuh (Gaya Mendidik) 79

BAB 8 MANAJEMEN PERENCANAAN DAN PENGELOLAAN PAUD 83
A. Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini 83
B. Pengelolaan Pendidikan Anak Usia Dini 94
C. Perencanaan dan Pengelolaan Lingkungan Fisik Taman Kanak-kanak 98
D. Tata Ruang Kelas 105
E. Perencanaan dan Pengelolaan Lingkungan Sosial Taman Kanak-kanak 108

BAB 9 AKREDITASI LEMBAGA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI 113
A. Hakikat Akreditasi 113
B. Dasar Hukum Akreditasi 113
B. Mekanisme Akreditasi 117
C. Instrumen Akreditasi PAUD 119
D. Sistem Penilaian Akreditasi (SisPenA) Online 119
E. Pengajuan Akreditasi melalui SisPenA 120

BAB 10 PENYUSUNAN DOKUMEN AKREDITASI PAUD 123
A. Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak (STPPA) 123
B. Standar Isi 124
C. Standar Proses 127
D. Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan 131
E. Standar Sarana dan Prasarana 132
F. Standar Pengelolaan 133
G. Standar Pembiayaan 137
H, Standar Penilaian 138

LAMPIRAN
1 Instrumen Akreditasi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) 139
2 Rubrik Penilaian Akreditasi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) 183
3 Contoh Surat Permohonan Akreditasi 235
4 Contoh Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak 237
5 Contoh Dokumen Lampiran Akreditasi Untuk Diupload Melalui SisPenA 239
6 Panduan SisPenA PAUD PNF 317
DAFTAR RUJUKAN 331
TENTANG PENULIS 335


Ketersediaan

24TD555902.1Perpustakaan PusatTersedia
24SR555902.2Perpustakaan PusatTersedia
24SR555902.3Perpustakaan PusatTersedia
24SR555902.4Perpustakaan PusatTersedia
24SR555902.5Perpustakaan PusatTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
372.210 6 SUR m
Penerbit Kencana : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
x, 336 hlm; 23 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
978-602-422-851-4
Klasifikasi
372.210 6
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Ed. 1, Cet. 1
Subyek
PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - MANAJEMEN
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this