Detail Cantuman
Buku
Pembelajaran di Pendidikan Anak Usia Dini
Daftar Isi
Daftar Isi
PENGANTAR EDISI REVISI vii
DAFTAR ISI xi
PENDAHULUAN xv
Bab 1 Teori dan Konsep Belajar Anak Usia Dini Serta Pembelajaran di PAUD 1
A. Teori Belajar 1
B. Teori Pembelajaran 4
C. Prinsip-prinsip Pembelajaran AUD 14
D. Pembelajaran dan Pengembangan diri Anak 29
1. Pembelajaran di PAUD 29
2. Pengembangan Diri AUD 30
Bab 2 MODEL PEMBELAJARAN 37
A. Konsep Model Pembelajaran 37
1. Model Pembelajaran 38
2. Pendekatan Pembelajaran 41
3. Strategi Pembelajaran 42
4. Metode Pembelajaran 44
5. Teknik dan Taktik Pembelajaran 44
B. M odel Pembelajaran dari Ahli PAUD 44
1. Model Montessori 45
2. Model Highscope 51
3. Waldrof 55
4. Reggio Emilia 59
5. Project Based 67
6. Creative Play 73
7. Bank Street 78
C. Model Pembelajaran Saranan 81
1. Model Kontekstual 81
2. Model Kooperatif 84
3. Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem-Based Learning) 87
Bab 3 IMPLEMENTASI KOMPONEN PEMBELAJARAN DI PAUD 91
A. Perumusan Tujuan Pembelajaran 92
B. Pengembangan Materi Pembelajaran 97
C. Penentuan Metode, Media, dan Sumber Pembelajaran 99
1. B ercakap-cakap 101
2. Tanya Jawab 103
3. Bercerita (Story Telling dan Story Reading) 104
4. Demonstrasi 106
5. Proyek 107
6. Karyawisata 108
7. Kunjungan Lapangan (Field Trip) 109
D. Pengembangan Penilaian 110
bab 4 PENDEKATAN SAINTIFIK 111
A. Konsep Pendekatan Saintifik 111
1. Mengamati 113
2. M enanya 113
3. M engumpulkan Informasi 114
4. Menalar 114
5. Mengomunikasikan 115
B. Kegiatan Belajar Saintifik Berbasis HOTS 115
Bab 5 PEMBELAJARAN TEMATIK dan SENTRA (LEARNING CENTRE) 119
A. Pembelajaran Tematik 119
1. Karakteristik Pembelajaran Tematik 119
2. Pelaksanaan Pembelajaran Tematik 121
B. Konsep dan Karakteristik Pembelajaran Sentra 129
1. Karakteristik 129
2. Penentuan Sentra 130
3. Peran dan Tugas Guru dalam Pembelajaran Sentra 130
4. Pengelolaan Pembelajaran Sentra 130
Bab 6 KEGIATAN BELAJAR DAN PENATAAN KELAS 135
A. Materi dan Kegiatan Belajar 135
1. Matematika 135
2. Sains 138
3. Bahasa 145
B. Beberapa Contoh Kegiatan Belajar 147
1. Bermain Sensoris 148
2. Bermain Simbolik 151
3. Bermain Pembangunan (Konstruktif) 154
4. Bermain Air dan Pasir 156
5. Tas Ajaib 158
C. Kegiatan Belajar dalam Pembelajaran STEAM 159
D. Penataan Kelas 162
DAFTAR PUSTAKA 167
TENTANG PENULIS 169
Ketersediaan
24TD555462.1 | Perpustakaan Pusat | Tersedia | |
24SR555462.2 | Perpustakaan Pusat | Tersedia | |
24SR555462.3 | Perpustakaan Pusat | Sedang Dipinjam (Jatuh tempo pada2024-12-06) | |
24SR555462.4 | Perpustakaan Pusat | Tersedia | |
24SR555462.5 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
372.21 YUS p
|
Penerbit | Kencana : Jakarta., 2020 |
Deskripsi Fisik |
xxii, 170 hlm; 23 cm
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
978-623-218-350-6
|
Klasifikasi |
372.21
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
Ed. Revisi, Cet. 2
|
Subyek |
PENDIDIKAN ANAK USIA DINI;PAUD;PENDIDIKAN PRA SEKOLAH
|
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
Anita Yus, Winda Widya Sari
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain