Buku

Ontologi Pendidikan Islam Paradigma Tauhid Syed Muhammad Naquib Al-Attas : revitalisasi adab-ta’dib dalam pendidikan



Daftar Isi

Bab 1 PENDAHULUAN 1
A. Latar Belakang Perlunya Rekonstruksi Pemikiran Pendidikan Islam………………..1
B. Konsep Paradigma Tauhid dalam Pendidikan………………………………………………….. 16
C. Ontologi Pendidikan Islam Berparadigma Tauhid…………………………………………….20
D. Kajian Terdahulu………………………………………………………………………………………………….27
E. Pendekatan Buku Ini…………………………………………………………………………………………..33
F. Sistematika Buku Ini……………………………………………………………………………………………37

Bab 2 BIOGRAFI SYED MUHAMMAD NAQUIB AL-ATTAS 39
A. Riwayat Hidup Syed Muhammad Naquib al-Attas……………………………………………39
B. ISTAC: Wujud Refleksi Kegelisahan Intelektual Naquib al-Attas …………………..52
C. Karya-karya Intelektual Syed Muhammad Naquib al-Attas…………………………….58
D. Tipologi Pemikiran Pendidikan Syed Muhammad Naquib al-Attas…………………64

Bab 3 DASAR ONTOLOGI PENDIDIKAN ISLAM PARADIGMA TAUHID NAQUIB AL-ATTA S 83
A. Konstruksi Dasar Ontologi Pendidikan Islam Paradigma Tauhid Naquib al-Attas………………………………………………………85

Bab 4 FORMULASI KONSEPSI PENDIDIKAN ISLAM PARADIGMA TAUHID NAQUIB AL-ATTA S 117
A. Formulasi Esensial Pendidikan Islam Naquib al-Attas…………………………………….117
B. Tujuan dan Muatan Kurikulum Pendidikan Islam……………………………………………133

Bab 5 HAKIKAT ONTOLOGI PENDIDIKAN ISLAM PARA DIGMA TAUHID NAQUIB AL-ATTA S 151
A. Adab Prasyarat Ilmu Pengetahuan…………………………………………………………………..156
B. Ta’dib: Ontologi Penjernihan Pendidikan Islam Paradigma Tauhid Naquib al-Attas………………………………….198

Bab 6 ANALISIS KRITIS ONTOLOGI PENDIDIKAN ISLAM PARADIGMA TAUHID NAQUIB AL-ATA S 217
A. Paradigma Ilmu Naquib al-Attas Kuat dalam Ontologi tetapi Lemah pada Epistemologi…………………………………………………………………………………………….219
B. Adab dan Ta’dib Konsepsi Pendidikan Islam yang Self Sufficiency tetapi Eskatologis Menuju Eksistensi…………………………………………………………….. 229
C. Naquib Kurang Memiliki Ruang Dialektika dengan Outsider…………………………243
D. Ide Islamisasi Ilmu Pengetahuan Naquib antara Harapan dan Dilema……….. 256
E. Sisi Ketradisionalan Tasawuf Naquib: Tidak Ada Transcendent Unity of Religions………………………………………………………………………………………………………. 269

Bab 7 PENUTUP 277
A. Simpulan………………………………………………………………………………………………………….. 277
B. Implikasi…………………………………………………………………………………………………………..280
C. Saran-saran……………………………………………………………………………………………………….281

DAFTAR PUSTAKA 283
Indeks Ayat-Ayat Al-Qur’an 295
Tentang Penulis 307


Ketersediaan

24TD555454.1Perpustakaan PusatTersedia
24SR555454.2Perpustakaan PusatTersedia
24SR555454.3Perpustakaan PusatTersedia
24SR555454.4Perpustakaan PusatTersedia
24SR555454.5Perpustakaan PusatTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
2X7.3 SAS o
Penerbit Kencana : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
xx, 310 hlm; 23
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
978-623-218-600-2
Klasifikasi
2X7.3
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Ed. 1, Cet. 2
Subyek
PENDIDIKAN ISLAM
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this