Detail Cantuman
Buku
Ontologi Pendidikan Islam Paradigma Tauhid Syed Muhammad Naquib Al-Attas : revitalisasi adab-ta’dib dalam pendidikan
Daftar Isi
Bab 1 PENDAHULUAN 1
A. Latar Belakang Perlunya Rekonstruksi Pemikiran Pendidikan Islam………………..1
B. Konsep Paradigma Tauhid dalam Pendidikan………………………………………………….. 16
C. Ontologi Pendidikan Islam Berparadigma Tauhid…………………………………………….20
D. Kajian Terdahulu………………………………………………………………………………………………….27
E. Pendekatan Buku Ini…………………………………………………………………………………………..33
F. Sistematika Buku Ini……………………………………………………………………………………………37
Bab 2 BIOGRAFI SYED MUHAMMAD NAQUIB AL-ATTAS 39
A. Riwayat Hidup Syed Muhammad Naquib al-Attas……………………………………………39
B. ISTAC: Wujud Refleksi Kegelisahan Intelektual Naquib al-Attas …………………..52
C. Karya-karya Intelektual Syed Muhammad Naquib al-Attas…………………………….58
D. Tipologi Pemikiran Pendidikan Syed Muhammad Naquib al-Attas…………………64
Bab 3 DASAR ONTOLOGI PENDIDIKAN ISLAM PARADIGMA TAUHID NAQUIB AL-ATTA S 83
A. Konstruksi Dasar Ontologi Pendidikan Islam Paradigma Tauhid Naquib al-Attas………………………………………………………85
Bab 4 FORMULASI KONSEPSI PENDIDIKAN ISLAM PARADIGMA TAUHID NAQUIB AL-ATTA S 117
A. Formulasi Esensial Pendidikan Islam Naquib al-Attas…………………………………….117
B. Tujuan dan Muatan Kurikulum Pendidikan Islam……………………………………………133
Bab 5 HAKIKAT ONTOLOGI PENDIDIKAN ISLAM PARA DIGMA TAUHID NAQUIB AL-ATTA S 151
A. Adab Prasyarat Ilmu Pengetahuan…………………………………………………………………..156
B. Ta’dib: Ontologi Penjernihan Pendidikan Islam Paradigma Tauhid Naquib al-Attas………………………………….198
Bab 6 ANALISIS KRITIS ONTOLOGI PENDIDIKAN ISLAM PARADIGMA TAUHID NAQUIB AL-ATA S 217
A. Paradigma Ilmu Naquib al-Attas Kuat dalam Ontologi tetapi Lemah pada Epistemologi…………………………………………………………………………………………….219
B. Adab dan Ta’dib Konsepsi Pendidikan Islam yang Self Sufficiency tetapi Eskatologis Menuju Eksistensi…………………………………………………………….. 229
C. Naquib Kurang Memiliki Ruang Dialektika dengan Outsider…………………………243
D. Ide Islamisasi Ilmu Pengetahuan Naquib antara Harapan dan Dilema……….. 256
E. Sisi Ketradisionalan Tasawuf Naquib: Tidak Ada Transcendent Unity of Religions………………………………………………………………………………………………………. 269
Bab 7 PENUTUP 277
A. Simpulan………………………………………………………………………………………………………….. 277
B. Implikasi…………………………………………………………………………………………………………..280
C. Saran-saran……………………………………………………………………………………………………….281
DAFTAR PUSTAKA 283
Indeks Ayat-Ayat Al-Qur’an 295
Tentang Penulis 307
Ketersediaan
24TD555454.1 | Perpustakaan Pusat | Tersedia | |
24SR555454.2 | Perpustakaan Pusat | Tersedia | |
24SR555454.3 | Perpustakaan Pusat | Tersedia | |
24SR555454.4 | Perpustakaan Pusat | Tersedia | |
24SR555454.5 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
2X7.3 SAS o
|
Penerbit | Kencana : Jakarta., 2021 |
Deskripsi Fisik |
xx, 310 hlm; 23
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
978-623-218-600-2
|
Klasifikasi |
2X7.3
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
Ed. 1, Cet. 2
|
Subyek |
PENDIDIKAN ISLAM
|
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
Komaruddin Sassi
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain