Buku

Pendidikan Islam di Era Milenial



Daftar Isi

KATA PENGANTAR v
BAB 1 PENDAHULUAN 1
A. Latar Belakang............................................................................ 1
B. Tujuan......................................................................................... 3
C. Sumber dan Bahan Penulisan..................................................... 3
D. Ruang Lingkup............................................................................ 4
E. Metode Penulisan........................................................................ 4
BAB 2 PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI (TI) DAN SMART TECHNOLOGY DI ERA MILENIAL DAN
FUNGSINYA BAGI KEHIDUPAN MANUSIA 5
A. Pengertian IT dan Smart Technology.......................................... 5
B. Manfaat IT/Smart Technology.................................................... 9
C. Pemanfaatan IT/Smart Technology dalam Kehidupan Manusia.................. 16
D. Penutup..................................................................................... 24
BAB 3 TANTANGAN DAN PELUANG PENDIDIKAN ISLAM DI ERA MILENIAL 25
A. Pengertian dan Ciri-ciri Masyarakat Milenial........................... 25
B. Pendidikan Islam di Era Milenial.............................................. 28
C. Penutup..................................................................................... 31
BAB 4 PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH 33
A. Proses Masuknya Pendidikan Agama Islam ke dalam Kurikulum Sekolah...................... 33
B. Profil Ajaran Islam.................................................................... 37
C. Model Pendidikan Agama di Sekolah........................................ 46
D. Penutup..................................................................................... 54
BAB 5 EKSISTENSI DAN PERKEMBANGAN ILMU PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA 57
A. Pengantar.................................................................................. 57
B. Profil Ilmu Pendidikan Islam di Indonesia................................ 61
C. Penutup..................................................................................... 95
BAB 6 PENDIDIKAN ISLAM MAZHAB CIPUTAT YANG MENASIONAL DAN MENDUNIA 101
A. Pengertian dan Ciri-cirinya..................................................... 101
B. Latar Belakang dan Tokoh Penggagas...................................... 106
C. Para Pendiri Mazhab............................................................... 108
D. Jaringan Transmisi Islam Mazhab Ciputat.............................. 120
E. Penutup................................................................................... 131
BAB 7 STRATEGI PENINGKATAN MUTU GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM 133
A. Pendahuluan........................................................................... 133
B. Pengertian dan Kedudukan Guru........................................... 134
C. Guru yang Bermutu................................................................ 139
D. Upaya Meningkatkan Mutu Guru........................................... 144
E. Penutup................................................................................... 148
BAB 8 REVITALISASI PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK MENCETAK GENERASI UNGGUL 151
A. Pendahuluan........................................................................... 151
B. Faktor Penyebab Krisis Pendidikan Karakter.......................... 155
C. Revitalisasi Pendidikan Karakter............................................ 160
D. Penutup................................................................................... 168
BAB 9 PENDIDIKAN KARAKTER DALAM WACANA INTELEKTUAL MUSLIM DAN KHAZANAH DUNIA PENDIDIKAN ISLAM 169
A. Dasar Pemikiran...................................................................... 169
B. Pembahasan............................................................................ 171
C. Penutup................................................................................... 195
BAB 10 KUALITAS PENDIDIKAN YANG ISLAMI 199
A. Hakikat Kualitas Pendidikan yang Islami............................... 199
B. Latar Belakang dan Fungsi Peningkatan Kualitas Pendidikan yang Islami...... 202
C. Strategi Meningkatkan Mutu Pendidikan yang Islami............ 205
D. Penutup................................................................................... 208
BAB 11 LEARNING AND TEACHING PROCESS IN THE PHILOSOPHY OF ISLAMIC EDUCATIONAL PERSPECTIVE 209
A. The Meaning of Theory of Learning and Teaching Process..... 209
B. Development of Philosophycal Thinking of Learning and Teaching Process...... 213
C. The Learning and Teaching Method in Islamic Educational Philosophy....221
D. Closing.................................................................................... 237
BAB 12 PERAN FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN DALAM MENANGGULANGI
RADIKALISME DI KAMPUS 239
A. Pengertian Paham Radikalisme.............................................. 239
B. Masuknya Paham Radikalisme ke Kampus............................ 242
C. Penanggulangan Paham Radikalisme melalui FITK............... 247
D. Penutup................................................................................... 263
BAB 13 GURU PROFESIONAL DI ERA DIGITAL 265
A. Tugas dan Fungsi Guru........................................................... 265
B. Guru dan Tuntutan Teknologi Digital..................................... 267
C. Teknologi Digital dan Paradigma Baru Pendidikan................. 275
D. Guru Profesional dan Edukasi Net.......................................... 277
E. Tools yang Tepat...................................................................... 279
F. Penutup................................................................................... 280
BAB 14 PERAN PENDIDIKAN ISLAM DALAM MEMBANGUN KESATUAN UMAT 283
A. Kondisi dan Situasi Persatuan Umat dan Bangsa Indonesia... 283
B. Kesatuan Umat........................................................................ 287
C. Persatuan Umat dalam Pendidikan Islam............................... 296
D. Pendidikan Islam di Masa Depan............................................ 302
E. Penutup................................................................................... 306
BAB 15 DILEMA MENGHADIRKAN AGAMA DI RUANG PUBLIK 309
A. Pengantar................................................................................ 309
B. Contoh Kasus.......................................................................... 309
C. Karakteristik........................................................................... 312
D. Strategi dan Pendekatan.......................................................... 318
E. Penutup................................................................................... 318
BAB 16 PENINGKATAN PROFESIONALISME MELALUI KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN 319
A. Tantang Dunia Pendidikan Saat ini......................................... 319
B. Peningkatan Profesionalisme.................................................. 321
C. Kepemimpinan Pendidikan .................................................... 323
D. Penutup................................................................................... 326
BAB 17 PENDIDIKAN AGAMA UNTUK KEBAHAGIAAN MANUSIA 329
BAB 18 MEREKONSTRUKSI SEJARAH PENDIRIAN KEMENTERIAN AGAMA (KEMENAG) DAN
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA 335
A. Pengantar................................................................................ 335
B. Sejarah Berdirinya Kemenag dan Kiprahnya.......................... 336
C. Sejarah Berdirinya UIN Syarif Hidayatullah........................... 352
D. Penutup................................................................................... 364
BAB 19 KEBIJAKAN PENGEMBANGAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KERANGKA REVOLUSI MENTAL 367
A. Revolusi Mental...................................................................... 367
B. Sikap Mental dan Pendidikan Karakter.................................. 369
C. Kebijakan Pengembangan Pendidikan Karakter Menuju Revolusi Mental............ 369
D. Strategi Pendidikan Karakter Menuju Revolusi Mental.......... 371
E. Penutup................................................................................... 372
BAB 20 AGAMA DALAM PERGULATAN SOSIAL 373
A. Pengantar................................................................................ 373
B. Agama Sebagai Rujukan Utama.............................................. 374
C. Menumbuhkan Tradisi Riset.................................................. 377
D. Penutup................................................................................... 379
BAB 21 ETIKA DAN PROFESIONALISME 381
A. Pengantar................................................................................ 381
B. Contoh Profesionalisme.......................................................... 383
C. Dorongan Bekerja................................................................... 384
BAB 22 ISLAM DAN TRADISI INTELEKTUAL 389
A. Pengantar................................................................................ 389
B. Mengalirnya Warisan Ilmu Islam ke Barat.............................. 390
C. Penutup................................................................................... 393
BAB 23 MENGATASI KEKURANGAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM 395
A. Pengantar................................................................................ 395
B. Kehadiran Perguruan Tinggi Islam.......................................... 395
C. Penutup................................................................................... 400
BAB 24 MATERI ESENSIAL PENDIDIKAN AGAMA 403
A. Pengantar................................................................................ 403
B. Esensi Pendidikan Agama....................................................... 406
C. Materi EsensiAL Pendidikan Agama...................................... 418
D. Strategi Mewujudkan Esensi Pendidikan Agama.................... 419
E. Penutup................................................................................... 420
BAB 25 PENUTUP 421
DAFTAR PUSTAKA 423
TENTANG PENULIS 443


Ketersediaan

24TD555398.1Perpustakaan PusatTersedia
24SR555398.2Perpustakaan PusatTersedia
24SR555398.3Perpustakaan PusatTersedia
24SR555398.4Perpustakaan PusatTersedia
24SR555398.5Perpustakaan PusatTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
2X7.3 NAT p
Penerbit Kencana : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
xii, 444 hlm; 23 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
978-623-218-307-0
Klasifikasi
2X7.3
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Ed. 1, Cet. 1
Subyek
PENDIDIKAN ISLAM
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this