Detail Cantuman
Buku
Pendidikan Anak Usia Dini : teori dan praktik pembelajaran
DAFTAR ISI
Bab 1 HAKIKAT MANUSIA DAN PENDIDIKAN 1
Hakikat Manusia 1
Hakikat Pendidikan 10
Tujuan Pendidikan 21
Bab 2 HAKIKAT ANAK USIA DINI 25
Pengertian Anak Usia Dini 25
Rentang Usia Anak Usia Dini 28
Karakteristik Anak Usia Dini 31
Aspek Perkembangan Anak 33
Tahap Perkembangan Anak Usia Dini 38
Hakikat Pembelajaran Anak Usia Dini 42
Bab 3 SEJARAH DAN TEORI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI 57
Rasionalitas Pentingnya Sejarah Pendidikan Anak Usia Dini 57
Sejarah dan Teori Pendidikan Anak Usia Dini 58
Sejarah Pendidikan Anak Usia Dini 86
Bab 4 MODEL-MODEL PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI 91
Pengertian Belajar 91
Teori Belajar 96
Pembelajaran Anak Usia Dini 112
Bab 5 PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN SAMBIL BERMAIN 135
Hakikat Bermain 136
Tujuan Bermain 138
Karakteristik Permainan 140
Pembentukan Kepribadian dan Perilaku Melalui Bermain 143
Tahapan dan Perkembangan Bermain 145
Konsep Bermain Melalui Permainan Sentra 151
Bab 6 PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPLE Inteligences 161
Pengertian Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligences) 162
Identifikasi Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligences) 164
Aplikasi Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligences) dengan Pengembangan Kecakapan Hidup (Life Skill) 171
Bab 7 PERKEMBANGAN NILAI AGA MA DAN MORAL ANAK 177
Pengertian Moral 177
Hakikat Pendidikan Moral 178
Pentingnya Sosialisasi Nilai-nilai Moral 180
Perkembangan Moral Menurut Kohlberg 182
Metode Pengembangan Agama dan Moral Anak 186
Berbagai Cara Pembinaan Perilaku (Penanaman Nilai-nilai Agama dan Moral) 189
Peran Orangtua dalam Menanamkan Pendidikan Agama dan Moral Anak 197
Pola Orientasi Moral Anak 202
Bab 8 PENGEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI 207
Perkembangan Kognitif Piaget 207
Pemrosesan Informasi dan Pandangan–pandangan Perkembangan Kognitif Neo-Piagetian 218
Teori Perkembangan Kognitif Perspektif Sosiokultural Vygostsky 219
The Zone Proximal Development (ZPD) 226
Peran Belajar dan Perkembangan 227
Neuroscience dalam Pembelajaran Anak Usia Dini 231
Bab 9 KOMUNIKASI EFEKTIF EDUKATIF GURU DAN ORANGTUA DALAM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI 237
Hakikat Komunikasi Efektif 237
Komunikasi Efektif Edukatif Berbasis Teknologi Informasi 242
Komunikasi Efektif dalam Pembelajaran 247
Komunikasi Guru dan Orangtua dalam Pembelajaran Anak Usia Dini 249
Bab 10 ASESMEN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI 255
Pengertian Asesmen 255
Asesmen Anak Usia Dini 259
Bab 11 Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis E-Module 267
Pendahuluan 267
Konsep e-Module Pembelajaran 269
Konsep Pembelajaran Tematik 273
Metode Pengembangan 275
Pengembangan Pembelajaran Tematik Terpadu Berbasis e-Module 278
DAFTAR PUSTAKA 283
Tentang Penulis 291
Ketersediaan
24TD555255.1 | Perpustakaan Pusat | Tersedia | |
24SR555255.2 | Perpustakaan Pusat | Sedang Dipinjam (Jatuh tempo pada2024-12-04) | |
24SR555255.3 | Perpustakaan Pusat | Tersedia | |
24SR555255.4 | Perpustakaan Pusat | Tersedia | |
24SR555255.5 | Perpustakaan Pusat | Tersedia | |
24SR555255.6 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
372.21 SUR p
|
Penerbit | Kencana : Jakarta., 2023 |
Deskripsi Fisik |
x, 294 hlm; 23 cm
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
978-623-218-997-3
|
Klasifikasi |
372.21
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
Ed. 1, Cet. 2
|
Subyek |
PENDIDIKAN ANAK USIA DINI;PAUD
|
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
Dadan Suryana
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain