Buku

Pendidikan Anak Usia Dini : teori dan praktik pembelajaran



DAFTAR ISI

Bab 1 HAKIKAT MANUSIA DAN PENDIDIKAN 1

Hakikat Manusia 1
Hakikat Pendidikan 10
Tujuan Pendidikan 21

Bab 2 HAKIKAT ANAK USIA DINI 25

Pengertian Anak Usia Dini 25
Rentang Usia Anak Usia Dini 28
Karakteristik Anak Usia Dini 31
Aspek Perkembangan Anak 33
Tahap Perkembangan Anak Usia Dini 38
Hakikat Pembelajaran Anak Usia Dini 42

Bab 3 SEJARAH DAN TEORI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI 57

Rasionalitas Pentingnya Sejarah Pendidikan Anak Usia Dini 57
Sejarah dan Teori Pendidikan Anak Usia Dini 58
Sejarah Pendidikan Anak Usia Dini 86

Bab 4 MODEL-MODEL PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI 91

Pengertian Belajar 91
Teori Belajar 96
Pembelajaran Anak Usia Dini 112

Bab 5 PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN SAMBIL BERMAIN 135

Hakikat Bermain 136
Tujuan Bermain 138
Karakteristik Permainan 140
Pembentukan Kepribadian dan Perilaku Melalui Bermain 143
Tahapan dan Perkembangan Bermain 145
Konsep Bermain Melalui Permainan Sentra 151

Bab 6 PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPLE Inteligences 161

Pengertian Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligences) 162
Identifikasi Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligences) 164
Aplikasi Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligences) dengan Pengembangan Kecakapan Hidup (Life Skill) 171

Bab 7 PERKEMBANGAN NILAI AGA MA DAN MORAL ANAK 177

Pengertian Moral 177
Hakikat Pendidikan Moral 178
Pentingnya Sosialisasi Nilai-nilai Moral 180
Perkembangan Moral Menurut Kohlberg 182
Metode Pengembangan Agama dan Moral Anak 186
Berbagai Cara Pembinaan Perilaku (Penanaman Nilai-nilai Agama dan Moral) 189
Peran Orangtua dalam Menanamkan Pendidikan Agama dan Moral Anak 197
Pola Orientasi Moral Anak 202

Bab 8 PENGEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI 207

Perkembangan Kognitif Piaget 207
Pemrosesan Informasi dan Pandangan–pandangan Perkembangan Kognitif Neo-Piagetian 218
Teori Perkembangan Kognitif Perspektif Sosiokultural Vygostsky 219
The Zone Proximal Development (ZPD) 226
Peran Belajar dan Perkembangan 227
Neuroscience dalam Pembelajaran Anak Usia Dini 231

Bab 9 KOMUNIKASI EFEKTIF EDUKATIF GURU DAN ORANGTUA DALAM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI 237

Hakikat Komunikasi Efektif 237
Komunikasi Efektif Edukatif Berbasis Teknologi Informasi 242
Komunikasi Efektif dalam Pembelajaran 247
Komunikasi Guru dan Orangtua dalam Pembelajaran Anak Usia Dini 249

Bab 10 ASESMEN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI 255

Pengertian Asesmen 255
Asesmen Anak Usia Dini 259

Bab 11 Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis E-Module 267

Pendahuluan 267
Konsep e-Module Pembelajaran 269
Konsep Pembelajaran Tematik 273
Metode Pengembangan 275
Pengembangan Pembelajaran Tematik Terpadu Berbasis e-Module 278

DAFTAR PUSTAKA 283

Tentang Penulis 291


Ketersediaan

24TD555255.1Perpustakaan PusatTersedia
24SR555255.2Perpustakaan PusatSedang Dipinjam (Jatuh tempo pada2024-12-04)
24SR555255.3Perpustakaan PusatTersedia
24SR555255.4Perpustakaan PusatTersedia
24SR555255.5Perpustakaan PusatTersedia
24SR555255.6Perpustakaan PusatTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
372.21 SUR p
Penerbit Kencana : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
x, 294 hlm; 23 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
978-623-218-997-3
Klasifikasi
372.21
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Ed. 1, Cet. 2
Subyek
PENDIDIKAN ANAK USIA DINI;PAUD
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this