Buku

Media Baru : sebuah pengantar



Daftar Isi

KATA PENGANTAR v
UCAPAN TERIMA KASIH vii
BAB 1 PENDAHULUAN 1
1.1 Deskripsi Ringkas. ........................................3
1.2 Relevansi Media Baru.................................4
1.3 Tujuan Memahami Media Baru. .................4
1.4 Susunan Buku. .............................................4

BAB 2 MEDIA BARU DAN KOMUNIKASI 7
2.1 Pendahuluan. ..............................................7
2.2 Mengenai Istilah “Media Baru” (New Media). ...............................................9
2.3 Kebaruan Media Baru. ..............................12
2.4 Manfaat Kebaruan Media Baru. ...............23
2.5 Penutup. ....................................................30
2.6 Aktivitas Lanjutan. ....................................30

BAB 3 MEDIA BARU: PRODUKSI, PENYEBARAN DAN PENGGUNAAN 33
3.1 Pendahuluan. ............................................33
3.2. Produksi, Penyebaran dan Penggunaan Media. .................................34
3.3. Media Baru dalam Bingkai Kajian Media. .......................................................37
3.4 Menuju Integrasi Produksi-Penyebaran-Penggunaan?. ...........................................42
3.5 Penutup. ....................................................45
3.6 Aktivitas Lanjutan. ....................................45

BAB 4 JENIS, PRINSIP, DAN KARAKTERISTIK MEDIA BARU 47
4.1 Pendahuluan. ............................................47
4.2 Jenis Media Baru. ......................................48
4.3 Prinsip-prinsip Media Baru. ........................50
4.4 Karakteristik Media Baru. ..........................55
4.5 Penutup. ....................................................61
4.6 Aktivitas Lanjutan. ....................................62

BAB 5 KOMUNIKASI BERBASIS WEBSITE 63
5.1 Pendahuluan. ............................................63
5.2 Kreasi (Melalui) Website. ...........................65
5.3 Sampainya Konten atau Media ke Pengguna. .................................................68
5.4 ‘Metrics’ Sebuah Website. ..........................68
5.5 Penutup. ....................................................70
5.6 Aktivitas Lanjutan. ....................................71

BAB 6 MOBILE COMMUNICATIONS 73
6.1 Pendahuluan. ............................................73
6.2 Komunikasi dan Instant Messaging Applications . ............................................74
6.3 Komunikasi Verbal dan Nonverbal melalui IM Applications. ...........................76
6.4 Dari ‘Menelepon Sambil Berjalan’ Menuju Mobile Media. ..............................79
6.5 Penutup. ....................................................83
6.6 Aktivitas Lanjutan. ....................................84

BAB 7 KOMUNIKASI BERBASIS MEDIA SOSIAL 85
7.1 Pendahuluan. ............................................85
7.2 Membangun Konten di Media Sosial. .......86
7.3 Penggunaan Media Sosial. ........................92
7.4 Netizen, Segmented Users, dan (Micro) Influencers. ................................................98
7.5 Penutup. ..................................................100
7.6 Aktivitas Lanjutan. ..................................100

BAB 8 MEDIA BARU DALAM KOMUNIKASI MASYARAKAT 103
8.1 Pendahuluan. ..........................................103
8.2 Pembahasan: Implikasi Media Baru. .......104
8.3 Penutup. ..................................................116
8.4 Aktivitas Lanjutan. ..................................116

BAB 9 MEDIA BARU SEBAGAI SOLUSI 119
9.1 Pendahuluan. ..........................................119
9.2 Kerangka Media Baru sebagai Solusi. .....120
9.3 Remediasi. ...............................................127
9.4 Penutup. ..................................................129
9.5 Aktivitas Lanjutan. ..................................130

BAB 10 PENUTUP: INTERKONEKSI MEDIA BARU 131
10.1 Apakah ‘Endgame’ dari Media Baru?. ....131
10.2 Bagaimana Selanjutnya?. .......................135
DAFTAR PUSTAKA 141

TENTANG PENULIS 149


Ketersediaan

24TD554574.1Perpustakaan PusatTersedia
24SR554574.2Perpustakaan PusatTersedia
24SR554574.3Perpustakaan PusatTersedia
24SR554574.4Perpustakaan PusatTersedia
24SR554574.5Perpustakaan PusatTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
302.23 LUI m
Penerbit Kencana : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
xiv, 152 hlm; 21 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
978-623-218-759-7
Klasifikasi
302.23
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Ed. 1, Cet. 2
Subyek
MEDIA KOMUNIKASI
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this