Buku

Model Pengembangan Kompetensi Pedagogik : teori, konsep, dan konstruk pengukuran



DAFTAR ISI

BAB 1 HAKIKAT PROFESI GURU
A. Pendahuluan
B. Reflektif: Mengapa Menjadi Guru?
C. Guru Membuat Perbedaan
D. Bagaimana Menjadi Guru?
E. Rangkuman
F. Latihan

BAB 2 GERAKAN LITERASI PEDAGOGIK
A. Pendahuluan
B. Landasan Berpikir tentang Gerakan Literasi
C. Konsep Gerakan Literasi Sekolah
D. Gerakan Literasi Sekolah Berdasarkan Sembilan Agenda Prioritas (Nawa Cita)
E. Gerakan Literasi Pedagogik
F. Literasi Pedagogik untuk Peningkatan Mutu Pembelajaran
G. Literasi Pedagogik untuk Pendekatan Mengajar Instruktivisme, Konstruktivisme, dan Sosio-Konstruktivisme
H. Gaya Mengajar sebagai Komponen Nilai-Nilai Pedagogik
I. Model Komunikasi sebagai Komponen Nilai-Nilai Pedagogik
J. Rangkuman
K. Latihan

BAB 3 KONSEP PENGETAHUAN DAN KOMPETENSI PEDAGOGIK
A. Pendahuluan
B. Pengertian Pengetahuan
C. Pengertian Pedagogik
D. Pengetahuan Pedagogik
E. Rangkuman
F. Latihan

BAB 4 PENGETAHUAN PEDAGOGIK BERBASIS FILSAFAT PENDIDIKAN
A. Pendahuluan
B. Konsep Dasar Anak
C. Filsafat Pendidikan
D. Urgensi Model Pengembangan Kompetensi Pedagogik Berbasis Pemahaman Filsafat Pendidikan
E. Model Pengembangan Kompetensi Pedagogik Berbasis Pengetahuan Pedagogik dengan Konsep Filsafat Pendidikan
F. Rangkuman
G. Latihan

BAB 5 PENGETAHUAN PEDAGOGIK BERBASIS PSIKOLOGI PERKEMBANGAN ANAK USIA SEKOLAH DASAR
A. Pendahuluan
B. Pengertian Perkembangan
C. Konsep Dasar dan Karakteristik Perkembangan Fisik-Motorik Anak Usia Sekolah Dasar
D. Konsep Dasar dan Karakteristik Perkembangan Sosio-Emosional Anak Usia Sekolah Dasar
E. Model Pengembangan Kompetensi Pedagogik Berbasis Pengetahuan Pedagogik

BAB 6 PENGETAHUAN PEDAGOGIK BERBASIS TEORI BELAJAR
A. Pendahuluan
B. Hakikat Belajar
C. Jenis dan Pola Belajar
D. Karakteristik Teori Belajar
E. Tahapan Belajar dalam Perkembangan Anak Usia Sekolah Dasar
F. Teori-Teori Belajar KAWA
G. Model Pengembangan Kompetensi Pedagogik Berbasis Pengetahuan Pedagogik dengan Konsep Teori Belajar

BAB 7 PENGEMBANGAN KOMPETENSI PEDAGOGIK BERBASIS KEMAMPUAN REFLEKTIF
A. Pendahuluan
B. Konsep Kemampuan Reflektif
C. Tujuan, Manfaat, dan Teknik Reflektif dalam Proses Pembelajaran
D. Langkah-Langkah Kegiatan Reflektif
E. Model Pengembangan Kompetensi Pedagogik Berbasis Kemampuan Reflektif
F. Rangkuman
G. Latihan

BAB 8 PENGEMBANGAN KOMPETENSI PEDAGOGIK BERBASIS KECERDASAN EMOSIONAL
A. Pendahuluan
B. Konsep Kecerdasan Emosional
C. Faktor-Faktor yang Memengaruhi Kecerdasan Emosional
D. Macam-Macam Emosi
E. Fungsi Emosi
F. Pengaruh Emosi dalam Kehidupan dan Kerja
G. Memahami Emosi dalam Konsep 5W1H
H. Model Pengembangan Kompetensi Pedagogik Berbasis Kecerdasan Emosional
I. Rangkuman
J. Latihan

BAB 9 PENGEMBANGAN KOMPETENSI PEDAGOGIK BERBASIS POLA KOMUNIKASI INSTRUKSIONAL
A. Pendahuluan
B. Konsep Pola Komunikasi Instruksional
C. Elemen dalam Komunikasi
D. Ciri Komunikasi Efektif
E. Pola Komunikasi Instruksional
F. Fungsi Komunikasi Instruksional
G. Hambatan Komunikasi Instruksional
H. Model Pengembangan Kompetensi Pedagogik Berbasis Pola Komunikasi Instruksional
I. Rangkuman
J. Latihan

BAB 10 PENGEMBANGAN KOMPETENSI PEDAGOGIK
A. Pendahuluan
B. Konsep Kompetensi Pedagogik
C. Variabel sebagai Indikator Konstruk Model Pengembangan Kompetensi Pedagogik
D. Model Pengembangan Kompetensi Pedagogik


Ketersediaan

24TD554539.1Perpustakaan PusatTersedia
24SR554539.2Perpustakaan PusatTersedia
24SR554539.3Perpustakaan PusatTersedia
24SR554539.4Perpustakaan PusatTersedia
24SR554539.5Perpustakaan PusatTersedia
24SR554539.6Perpustakaan PusatTersedia
24SR554539.7370.1 SUS mPerpustakaan PusatTersedia
25SR554539.8Perpustakaan PusatTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
370.1 SUS m
Penerbit Rajawali Pers : Depok.,
Deskripsi Fisik
xxx, 234 hlm. ilus. 23 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
978-623-231-390-3
Klasifikasi
370.1
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Ed. 1, Cet. 1
Subyek
PEDAGOGIK
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this