Buku

Menjadi Guru Penggerak Merdeka Belajar



DAFTAR ISI

BAB 1 PENDAHULUAN

BAB 2 HAKIKAT GURU PENGGERAK MERDEKA BEL-
A. Guru Penggerak.
B. Merdeka Belajar.
C. Guru Penggerak Merdeka Belajar.
D. Program Merdeka Belajar
E. Gerakan PGRI Menyambut Guru Penggerak Merdeka Belajar
F. Mampukah Guru Penggerak Mendongkrak Kualitas Pembelajaran?
G. Menimbang Nasib Pengawas dan Kepala Sekolah di Era Merdeka Belajar

BAB 3 MENGUBAH MINDSET GURU SEBAGAI PENGGERAK MERDEKA BELAJAR
A. Tantangan Guru Penggerak Merdeka Belajar
B. Perlunya Mengubah Mindset Guru Penggerak Mer-deka Belajar
C. Penataan Peran dan Fungsi Guru
D. Apa yang Harus Dipahami Guru Penggerak Merdeka Belajar?
E. Apa yang Harus Dilakukan Guru Penggerak Merdeka Belajar?
F. Bagaimana Seharusnya Guru Penggerak Merdeka Belajar?

BAB 4 GURU SEBAGAI AGEN PENGGERAK MERDEKA BELAJAR
A. Memaknai Sebuah Inovasi
B. Guru Penggerak sebagai Inovator
C. Guru Penggerak sebagai Fasilitator
D. Guru Penggerak sebagai Motivator
E. Guru Penggerak sebagai Pemacu Belajar
F. Guru Penggerak sebagai Inspirator
G. Guru Penggerak sebagai Model dan Teladan
H. Guru Penggerak sebagai Pendorong Kreativitas
I. Hambatan Inovasi dalam Pendidikan

BAB 5 PENYEDERHANAAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) MERDEKA BELAJAR
A. Latar Belakang
B. Hakikat RPP Merdeka Belajar
C. RPP Pendamping Guru Penggerak Merdeka Belajar
D. Fungsi RPP Merdeka Belajar
E. Prinsip Pengembangan RPP
F. Posisi RPP dan Guru Penggerak Merdeka Belajar
G. Contoh RPP Merdeka Belajar

BAB 6 KURIKULUM MERDEKA BELAJAR
A. Hakikat Kurikulum Merdeka Belajar
B. Meramu Kurikulum Merdeka Belajar
C. Peran Guru Penggerak dalam Pengembangan Kuriku-lum Merdeka Belajar
D. Peran dan Fungsi Kurikulum Merdeka Belajar
E. Prinsip-Prinsip Pengembangan Kurikulum MerdekaBelajar
F. Pembelajaran Merdeka.

BAB 7 JURUS JITU GURU PENGGERAK MERDEKA BELAJAR
A. Mengelola Merdeka Belajar
B. Memahami Peserta Didik
C. Merancang Merdeka Belajar
D. Melaksanakan Pembelajaran yang Mendidik dan Dia-logis
E. Memanfaatkan Teknologi Pembelajaran
F. Asesmen/Penilaian

BAB 8 MERDEKA BELAJAR BAGI ANAK BERKEBU-TUHAN KHUSUS
A. Pengelompokan Peserta Didik dalam Implementasi Merdeka Belajar
B. Merdeka Belajar bagi Peserta Didik Lamban Belajar
C. Merdeka Belajar bagi Peserta Didik Super
D. Merdeka Belajar dalam Mengembangkan Peserta Didik
E. Layanan Pendidikan Terpadu
F. Pembelajaran Individual bagi ABK
G. Pembelajaran Online dalam Jaringan (Daring)

BAB 9 PENDEKATAN DAN METODE PEMBELAJARAN MERDEKA BELAJAR
A. Dari Pedagogi Menuju Andragogi.
B. Merdeka Belajar dan Perkembangan Teknologi.
C. Mengembangkan Pendekatan Merdeka Belajar
D. Memilih Metode Pembelajaran Merdeka Belajar

BAB 10 OPTIMALISASI GURU PENGGERAK MERDEKA BELAJAR
A. Menyukseskan GLS
B. Mengembangkan Kecerdasan Emosi (Emotional Quo-tient)
C. Mengembangkan Kreativitas (Creativity Quotient) dalam Pembelajaran
D. Mendisiplinkan Peserta Didik dengan Kasih Sayang
E. Membangkitkan Nafsu Belajar
F. Mendayagunakan Berbagai Sumber Belajar

BAB 11 PENUTUP

DAFTAR PUSTAKA


Ketersediaan

24TD554305.1Perpustakaan PusatTersedia
24SR554305.2Perpustakaan PusatTersedia
24SR554305.3Perpustakaan PusatTersedia
24SR554305.4Perpustakaan PusatTersedia
24SR554305.5Perpustakaan PusatTersedia
24SR554305.6Perpustakaan PusatTersedia
24SR554305.7Perpustakaan PusatTersedia
24SR554305.8Perpustakaan PusatTersedia
24SR554305.9Perpustakaan PusatTersedia
24SR554305.10Perpustakaan PusatTersedia
24SR554305.11Perpustakaan PusatTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
371.1 MUL m
Penerbit Bumi Aksara : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
xiv, 340 halaman : 23 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
978-602-444-966-7
Klasifikasi
371.1
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Cet. 1
Subyek
GURU - PENDIDIKAN
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this