Detail Cantuman
Buku
Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik Bagi Anak Usia Dini TK/RA & Anak Kelas Awal SD/MI : Implementasi kurikulum 2013
Daftar Isi
KATA PENGANTAR v
DAFTAR ISI ix
BAGIAN I: KARAKTER PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI, TK/RA KELAS AWAL SD/MI 1
BAB 1 PENDAHULUAN 3
A. Pengantar…………………………………………………………….3
B. Hakikat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)…………………6
C. Model Pembelajaran bagi Anak Usia Dini…………………..9
BAB 2 HAKIKAT PENDIDIKAN ANAK USIA DINI 13
A. Hakikat Anak Usia Dini…………………………………………. 13
B. Hakikat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)………………. 24
BAB 3 LANDASAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI TK/RA DAN ANAK USIA KELAS AWAL SD/MI 39
A. Landasan Akademis (Teoretis)……………………………….. 39
B. Landasan Yuridis Formal………………………………………. 66
C. Landasan Empiris………………………………………………… 70
BAB 4 PENGEMBANGAN PROGRAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI 73
A. Prinsip dan Asas Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini……………………………………. 73
B. Pengembangan Program Pembelajaran PAUD………….. 78
C. Strategi Pembelajaran PAUD…………………………………. 81
BAGIAN II HAKIKAT MODEL PEMBELAJARAN TEMATIK 99
BAB 5 PENGORGANISASIAN KURIKULUM ANAK USIA DINI TK/RA DAN ANAK USIA KELAS AWAL SD/MI 101
A. Pengorganisasian Kurikulum……………………………….. 101
B. Struktur Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini……….. 121
C. Struktur Kurikulum Anak Usia Kelas Awal SD/MI…….. 131
BAB 6 KONSEP DASAR MODEL PEMBELAJARAN TEMATIK 141
A. Hakikat Model Pembelajaran………………………………. 141
B. Hakikat Model Pembelajaran Tematik…………………… 147
C. Sintaks Model Pembelajaran Tematik……………………. 167
BAB 7 IMPLIKASI PEMBELAJARAN TEMATIK 173
A. Eksistensi Guru dan Peserta Didik………………………… 173
B. Analisis Kebutuhan Bahan Ajar, Sarana PrasaranaPenunjang, Sumber Belajar, dan Media…………………. 179
C. Model Pengaturan Ruangan………………………………… 191
D. Strategi Pemilihan Metode…………………………………. 192
BAGIAN III STRATEGI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK 205
BAB 8 STRATEGI PELAKSANAAN DAN EVALUASIPEMBELAJARAN TEMATIK 207
A. Strategi Pelaksanaan Pembelajaran Tematik…………… 207
B. Prosedur Pelaksanaan KegiatanPembelajaran Tematik……………………………………….. 216
C. Pengaturan Jadwal Pelajaran………………………………. 220
D. Evaluasi Pembelajaran Tematik……………………………. 223
BAB 9 PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TEMATIK 227
A. Karakteristik Media dan Sumber
Pembelajaran Tematik……………………………………….. 227
B. Pemilihan Media dan SumberPembelajaran Tematik……………………………………….. 231
C. Lembar Kegiatan Pembelajaran Tematik………………… 235
D. Karakteristik Lembar Kegiatan Pembelajaran
yang Baik…………………………………………………………. 237
E. Menyusun Lembar Kegiatan Pembelajaranyang Baik…………………………………………………………. 241
F. Lembar Kegiatan Siswa Pembelajaran Tematik……….. 243
G. Membuat Media Pembelajaran Tematik………………… 245
BAB 10 PENILAIAN PEMBELAJARAN TEMATIK 253
A. Prinsip dan Prosedur Penilaian……………………………. 253
B. Jenis Penilaian………………………………………………….. 260
C. Instrumen Penilaian Tes Tertulis…………………………… 263
D. Instrumen Penilaian Nontes………………………………… 266
BAGIAN IV DESAIN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN TEMATIK ANAK USIA DINI TK/RA & ANAK USIA KELAS AWAL SD/MI 281
BAB 11 DESAIN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK BAGI ANAK USIA DINI TK/RA 283
A. Pemetaan Jaringan Tema……………………………………. 283
B. Pengembangan Silabus………………………………………. 286
BAB 12 SISTEM PENILAIAN PEMBELAJARAN TEMATIK PADA ANAK USIA DINI TK/RA 313
A. Hakikat Penilaian………………………………………………. 313
B. Cara, Alat, dan Prosedur Penilaian……………………….. 315
C. Pelaporan Hasil Penilaian……………………………………. 320
BAB 13 DESAIN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK BAGI ANAK USIA KELAS AWAL SD/MI 323
A. Pemetaan Standar Kompetensi (SK), Kompetensi Dasar (KD), dan Indikator…………………… 323
B. Menetapkan Jaringan Tema………………………………… 327
C. Penyusunan Silabus Pembelajaran Tematik……………. 331
D. Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)…………………………………………… 350
BAB 14 CONTOH PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK KELAS AWAL SEKOLAH DASAR (SD)/ MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) 355
A. Model Keterhubungan/Terikat (Connected Model)….. 355
B. Model Jaring Laba-laba/Model Terjala (Webbed Model)……………………………………………….. 361
DAFTAR PUSTAKA 367
TENTANG PENULIS 375
Ketersediaan
1.17SR1019341.03 | Perpustakaan Pusat | Tersedia | |
1.16TD1019341.01 | Perpustakaan Pusat | Tersedia | |
1.17SR1019341.04 | Perpustakaan Pusat | Tersedia | |
1.16SR1019341.02 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
372.2 TAB d
|
Penerbit | Kencana : Jakarta., 2015 |
Deskripsi Fisik |
xvi, 378 hlm,23 cm
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
978-602-1186-32-9
|
Klasifikasi |
372.2
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek |
PENDIDIKAN ANAK
|
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
Trianto Ibnu Badar al Tabany
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain