Buku

Strategi Belajar Mengajar



Dalam kegiatan pembelajaran, pengelolaan kelas yang baik sangatlah berpengaruh untuk tercapainya tujuan pembelajaran. Seorang pendidik ditutut untuk mampu merumuskan strategi belajar mengajar yang tepat dalam kegiatan pembelajaran. Seorang pendidik harus merencanakan kegiatan pembelajarannya secara sistematis dan memanfaatkan segala sesuatu seperti pendekatan belajar, media belajar maupun metode belajar untuk dapat mencapai keberhasilan pembelajaran. Kehadiran buku ini, diharapkan mampu memberi rambu-rambu yang tepat bagi pendidik, maupun calon pendidik dalam merumuskan strategi yang tepat dalam kegiatan belajar mengajar. Pembahasan utama dalam buku ini antara lain adalah, konsep strategi belajar mengajar, hakikat ciri dan komponen belajar mengajar, pendekatan dalam belajar mengajar, metode dalam belajar mengajar, keberhasilan belajar mengajar, media sumber belajar, teknik mendapatkan umpan balik, pengembangan variasi mengajar, serta ditutup dengan pembahasan mengenai bagaimana teknik pengelolaan kelas yang efektif. (RWB)

DAFTAR ISI

BAB I PENDAHULUAN

BAB II KONSEP STRATEGI BELAJAR MENGAJAR
A. Pengertian Strategi Belajar Mengajar
B. Klasifikasi Strategi Belajar Mengajar
C. Implementasi Belajar Mengajar

BAB III HAKIKAT, CIRI, DAN KOMPONEN BELAJAR MENGAJAR
A. Hakikat Belajar Mengajar
B. Ciri-ciri Belajar Mengajar
C. Komponen-komponen Belajar Mengajar

BAB IV BERBAGAI PENDEKATAN DALAM BELAJAR MENGAJAR
A. Pendekatan Individual
B. Pendekatan Kelompok
C. Pendekatan Bervariasi
D. Pendekatan Edukatif
E. Pendekatan Keagamaan
F. Pendekatan Kebermaknaan

BAB V KEDUDUKAN PEMILIHAN DAN PENENTU-AN METODE DALAM PENGAJARAN
A. Kedudukan Metode dalam Belajar Mengajar
B. Pemilihan dan Penentuan Metode
C. Macam-macam Metode Mengajar
D. Praktik Penggunaan Metode Mengajar

BAB VI KEBERHASILAN BELAJAR MENGAJAR
A. Pengertian Keberhasilan
B. Indikator Keberhasilan
C. Penilaian Keberhasilan
D. Tingkat Keberhasilan
E. Program Perbaikan
F. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan

BAB VII PENGGUNAAN MEDIA SUMBER BELAJAR DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR
A. Pengertian Media
B. Media sebagai Alat Bantu
C. Media sebagai Sumber Belajar
D. Macam-macam Media
E. Prinsip-prinsip Pemilihan dan Penggunaan Me dia
F. Dasar Pertimbangan Pemilihan dan Penggunaan Media
G Pengembangan dan Pemanfaatan Media Sumber

BAB VIII BEBERAPA TEKNIK MENDAPATKAN UMPAN BALIK
A. Memancing Apersepsi Anak Didik
B. Memanfaatkan Teknik Alat Bantu yang Aksep-tabel
C. Memilih Bentuk Motivasi yang Akurat
D. Menggunakan Metode yang Bervariasi

BAB IX PENGEMBANGAN VARIASI MENGAJAR
A. Tujuan Variasi Mengajar
B. Prinsip Penggunaan
C. Komponen-komponen Variasi Mengajar

BAB X PENGELOLAAN KELAS
A. Pengertian Pengelolaan Kelas
B. Tujuan Pengelolaan Kelas
C. Berbagai Pendekatan dalam Pengelolaan Kelas
D. Prinsip-prinsip Pengelolaan Kelas
E. Komponen-komponen Keterampilan Pengelo-laan Kelas
F. Beberapa Masalah Pengelolaan Kelas
G Penataan Ruang Kelas
H. Pengaturan Siswa
I. Pengelolaan Kelas yang Efektif

DAFTAR PUSTAKA



Ketersediaan

05TD1003780.01Perpustakaan PusatTersedia
05SR1003780.04Perpustakaan PusatTersedia
05SR1003780.02Perpustakaan PusatTersedia
1.18SR1003780.10Perpustakaan PusatTersedia
1.19SR1003780.11Perpustakaan PusatTersedia
1.17SR1003780.09Perpustakaan PusatTersedia
05SR1003780.05Perpustakaan PusatTersedia
05SR1003780.03Perpustakaan PusatTersedia
12SR1003780.08Perpustakaan PusatTersedia
05SR1003780.06Perpustakaan PusatTersedia
11SR1003780.07Perpustakaan PusatTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
371 DJA s
Penerbit Rineka Cipta : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
ix, 252 hlm,21 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
979-518-675-2
Klasifikasi
371
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
PENDIDIKAN
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this