Detail Cantuman
Buku
Strategi Belajar Mengajar
Dalam kegiatan pembelajaran, pengelolaan kelas yang baik sangatlah berpengaruh untuk tercapainya tujuan pembelajaran. Seorang pendidik ditutut untuk mampu merumuskan strategi belajar mengajar yang tepat dalam kegiatan pembelajaran. Seorang pendidik harus merencanakan kegiatan pembelajarannya secara sistematis dan memanfaatkan segala sesuatu seperti pendekatan belajar, media belajar maupun metode belajar untuk dapat mencapai keberhasilan pembelajaran. Kehadiran buku ini, diharapkan mampu memberi rambu-rambu yang tepat bagi pendidik, maupun calon pendidik dalam merumuskan strategi yang tepat dalam kegiatan belajar mengajar. Pembahasan utama dalam buku ini antara lain adalah, konsep strategi belajar mengajar, hakikat ciri dan komponen belajar mengajar, pendekatan dalam belajar mengajar, metode dalam belajar mengajar, keberhasilan belajar mengajar, media sumber belajar, teknik mendapatkan umpan balik, pengembangan variasi mengajar, serta ditutup dengan pembahasan mengenai bagaimana teknik pengelolaan kelas yang efektif. (RWB)
DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUAN
BAB II KONSEP STRATEGI BELAJAR MENGAJAR
A. Pengertian Strategi Belajar Mengajar
B. Klasifikasi Strategi Belajar Mengajar
C. Implementasi Belajar Mengajar
BAB III HAKIKAT, CIRI, DAN KOMPONEN BELAJAR MENGAJAR
A. Hakikat Belajar Mengajar
B. Ciri-ciri Belajar Mengajar
C. Komponen-komponen Belajar Mengajar
BAB IV BERBAGAI PENDEKATAN DALAM BELAJAR MENGAJAR
A. Pendekatan Individual
B. Pendekatan Kelompok
C. Pendekatan Bervariasi
D. Pendekatan Edukatif
E. Pendekatan Keagamaan
F. Pendekatan Kebermaknaan
BAB V KEDUDUKAN PEMILIHAN DAN PENENTU-AN METODE DALAM PENGAJARAN
A. Kedudukan Metode dalam Belajar Mengajar
B. Pemilihan dan Penentuan Metode
C. Macam-macam Metode Mengajar
D. Praktik Penggunaan Metode Mengajar
BAB VI KEBERHASILAN BELAJAR MENGAJAR
A. Pengertian Keberhasilan
B. Indikator Keberhasilan
C. Penilaian Keberhasilan
D. Tingkat Keberhasilan
E. Program Perbaikan
F. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan
BAB VII PENGGUNAAN MEDIA SUMBER BELAJAR DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR
A. Pengertian Media
B. Media sebagai Alat Bantu
C. Media sebagai Sumber Belajar
D. Macam-macam Media
E. Prinsip-prinsip Pemilihan dan Penggunaan Me dia
F. Dasar Pertimbangan Pemilihan dan Penggunaan Media
G Pengembangan dan Pemanfaatan Media Sumber
BAB VIII BEBERAPA TEKNIK MENDAPATKAN UMPAN BALIK
A. Memancing Apersepsi Anak Didik
B. Memanfaatkan Teknik Alat Bantu yang Aksep-tabel
C. Memilih Bentuk Motivasi yang Akurat
D. Menggunakan Metode yang Bervariasi
BAB IX PENGEMBANGAN VARIASI MENGAJAR
A. Tujuan Variasi Mengajar
B. Prinsip Penggunaan
C. Komponen-komponen Variasi Mengajar
BAB X PENGELOLAAN KELAS
A. Pengertian Pengelolaan Kelas
B. Tujuan Pengelolaan Kelas
C. Berbagai Pendekatan dalam Pengelolaan Kelas
D. Prinsip-prinsip Pengelolaan Kelas
E. Komponen-komponen Keterampilan Pengelo-laan Kelas
F. Beberapa Masalah Pengelolaan Kelas
G Penataan Ruang Kelas
H. Pengaturan Siswa
I. Pengelolaan Kelas yang Efektif
DAFTAR PUSTAKA
Ketersediaan
| 05TD1003780.01 | Perpustakaan Pusat | Tersedia | |
| 05SR1003780.04 | Perpustakaan Pusat | Tersedia | |
| 05SR1003780.02 | Perpustakaan Pusat | Tersedia | |
| 1.18SR1003780.10 | Perpustakaan Pusat | Tersedia | |
| 1.19SR1003780.11 | Perpustakaan Pusat | Tersedia | |
| 1.17SR1003780.09 | Perpustakaan Pusat | Tersedia | |
| 05SR1003780.05 | Perpustakaan Pusat | Tersedia | |
| 05SR1003780.03 | Perpustakaan Pusat | Tersedia | |
| 12SR1003780.08 | Perpustakaan Pusat | Tersedia | |
| 05SR1003780.06 | Perpustakaan Pusat | Tersedia | |
| 11SR1003780.07 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
| Judul Seri |
-
|
|---|---|
| No. Panggil |
371 DJA s
|
| Penerbit | Rineka Cipta : Jakarta., 1997 |
| Deskripsi Fisik |
ix, 252 hlm,21 cm
|
| Bahasa |
Indonesia
|
| ISBN/ISSN |
979-518-675-2
|
| Klasifikasi |
371
|
| Tipe Isi |
-
|
| Tipe Media |
-
|
|---|---|
| Tipe Pembawa |
-
|
| Edisi |
-
|
| Subyek |
PENDIDIKAN
|
| Info Detil Spesifik |
-
|
| Pernyataan Tanggungjawab |
Syaiful Bahri Djamarah
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain






