Buku

Disleksia : deteksi diagnosis penanganan di sekolah dan di rumah



DAFTAR ISI

BAB 1 MASALAH BELAJAR ............................................... 1
A. Gangguan Belajar Harus Dibedakan dengan KesulitanBelajar ................ 2
B. Gangguan Belajar Hanya Pada Anak Berinteligensi Normal Hingga Tinggi..... 4
C. Gangguan Belajar adalah Gangguan yang Tidak Kasatmata .................... 5
D. Bentuk Gangguan Belajar ................................................. 6
E. Pengaruh Pada Perilaku .................................................... 7
BAB 2 PENYEBAB DAN GEJALA .......................................... 9
A. Penyebab Gangguan Belajar (Learning Disabilities) Adalah Genetik ........ 9
B. Apa yang Terjadi Pada Gangguan Belajar? .......................10
C. Tidak Dipengaruhi Oleh Lingkungan ................................ 12
D. Terbanyak Pada Laki-Laki ................................................. 13
E. Tipe dan Subtipe Gangguan Belajar ................................. 13
BAB 3 SYARAT BERKETERAMPILAN BELAJAR ..................... 19
A. Kemampuan Pemrosesan Informasi Visual dan Auditif sebagai Syarat Berketerampilan Belajar ... 19
BAB 4 PEMAHAMAN GEJALA GANGGUAN BELAJAR ........... 23
A. Pemahaman Gejala dari Berbagai Bidang .......................... 23
B. Gejala Gangguan Belajar dari Pengalaman yang Dihadapi Guru dan Orangtua ..... 25
C. Gejala Gangguan Belajar dalam Psikologi Klinis ................. 26
D. Masalah Belajar dalam Neurologi ...................................... 27
E. Masalah Belajar dalam Ilmu Kedokteran Anak ................... 28
F. Masalah Belajar dalam Ilmu Patologi Bahasa dan Bicar....... 29
G. Masalah Belajar dalam Ilmu Kependidikan ......................... 30
H. Fungsi Hemisphere (Belahan Otak Kanan dan Kiri) ............. 32
BAB 5 MENENTUKAN BATAS ANTARA GANGGUAN BELAJAR DAN KESULITAN BELAJA..... 37
A. Observasi Panjang dan Menyeluruh .................................... 39
B. Lakukan Rujukan .................................................................. 40
C. Pemeriksaan dan Tes ............................................................ 41
BAB 6 GEJALA GANGGUAN BELAJAR ..................................... 43
A. Gangguan dalam Pelajaran Membaca, Mengeja dan Menulis............. 43
B. Gangguan pada Pelajaran Berhitung ..................................... 47
C. Gangguan Teknik Menulis ..................................................... 59
BAB 7 DETEKSI DAN DIAGNOSIS GANGGUAN BELAJAR .......... 63
A. Skrining dalam Rangka Deteksi .............................................. 63
B. Asesmen dan Diagnosis .......................................................... 64
C. Termasuk Tipe dan Subtipe yang Mana? ................................ 67
BAB 8 DISLEKSIA ...................................................................... 69
A. Kriteria Diagnostik Gangguan Belajar Khusus (Specific Learning Disorder) dari DSM 5 ........ 69
B. Tingkat Keparahan Disleksia Berdasarkan DSM 5 ..................... 71
C. Masalah Disleksia Jika Dilihat Melalui Kriteria DSM .................. 72
D. Derajat Keparahan Disleksia ...................................................... 75
E. Beberapa Kasus .......................................................................... 79
F. Kasus Dari Lembaga Psikologi Anargya Semarang ...................... 86
G. Disleksia dan Neurologi .............................................................. 90
H. Risiko Menjadi Penyandang Disleksia ......................................... 94
I. Komorbiditas.......................................................... 98
J. Diagnosis Pembanding Disleksia ................................................. 98
BAB 9 DETEKSI DISLEKSIA ............................................... 101
A. Identifikasi Anak Disleksia .......................................................... 101
B. Deteksi di Taman Kanak-Kanak ................................................... 102
C. Deteksi di Kelas Satu Sekolah Dasar ............................................ 106
BAB 10 DIAGNOSIS DISLEKSIA ...................................................... 111
A. Syarat .................................................................. 111
B. Siapa yang Memberikan Diagnosis? ................................................ 112
C. Tes yang Diberikan dalam Rangka Penegakan Diagnosis Disleksia .. 112
BAB 11 PENANGANAN DISLEKSIA ........................................... 115
A. Prevensi Disleksia ........................................................................... 115
B. Intervensi Disleksia ......................................................................... 121
C. Clinical Teaching .............................................................................. 125
D. Remedial Teaching .......................................................................... 127
E. Individual Education Program (IEP) ................................................. 133
F. Kompensasi, Dispensasi dan Toleransi ............................................. 134
G. Alat Bantu ........................................................................................ 135
H. Perhatikan Perkembangan Sosial Emosional Anak .......................... 136
REFERENSI ........................................................................................... 139
PARA PENULIS ..................................................................................... 143


Ketersediaan

1.20SR1028003.02Perpustakaan PusatTersedia
1.20SR1028003.03Perpustakaan PusatTersedia
1.20TD1028003.01Perpustakaan PusatTersedia
1.20SR1028003.04Perpustakaan PusatTersedia
25SR29443.5155.4 WID dPerpustakaan PusatTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
155.4 WID d
Penerbit Prenadamedia Group : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
x, 144 hlm,21 cm
Bahasa
Arab
ISBN/ISSN
978-602-383-008-4
Klasifikasi
155.4
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
PSIKOLOGI ANAK
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this